Gara-gara Banjir, 900 Warga Jakarta Mengungsi

Kompas.com - 03/04/2012, 18:52 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com — Akibat banjir yang merendam beberapa wilayah Jakarta, sekitar 900 orang mengungsi dan meninggalkan rumahnya untuk sementara. Namun, saat ini warga tersebut sudah kembali lagi ke rumah masing-masingnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Arfan Arkili, mengatakan bahwa tadi pagi sebanyak 850 warga di Ulujami mengungsi. Tapi saat air mulai surut, warga Ulujami sudah meninggalkan tempat pengungsi. "Sisa 50 orang warga yang mengungsi ada di wilayah Pasar Rebo. Tapi sekarang sudah kembali," kata Arfan, di Balaikota, Jakarta, Selasa (3/4/2012).

Ia juga mengungkapkan bahwa untuk penanganan masalah banjir ini semuanya sudah sesuai prosedur. Pihaknya sudah menyediakan dapur umum, alat kesehatan, dan selimut untuk para pengungsi. "Tapi, sampai saat ini masalah tersebut masih bisa diatasi oleh pihak kecamatan. Jadi kami belum mengirimkan," jelas Arfan.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengatakan, prosedur penanganan pengungsi warga korban banjir sudah siap dilaksanakan. Namun, masih banyak warga yang tak ingin mengungsi ketika tempat tinggalnya dilanda banjir. "Ada tempat pengungsian. Orangnya sendiri juga jarang yang mau pindah. Padahal, sudah diberikan posko kesehatan sesuai standar operasional," kata Fauzi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.