Survei : 46 Persen Warga Jakarta Pilih Calon Independen

Kompas.com - 06/04/2012, 14:10 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com - Soegeng Sarjadi School of Governement melakukan survei terhadap nama bakal calon yang hendak maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2012. Dari survei ini, sebanyak 46 persen responden memilih calon independen untuk Pilkada kali ini.

Pengamat politik, Fadjroel Rachman, mengatakan, responden yang memilih calon independen ini dikarenakan sudah bosan dengan calon dari partai politik. Kendati demikian, 17 persen responden masih memilih calon dari partai politik. Sebanyak 32 persen mengaku sama saja calon dari jalur apapun. Sedangkan 4 persen menjawab tidak tahu.

"Sementara yang tidak akan memilih hanya satu persen saja," kata Fadjroel, saat Diskusi Gubernur Pilihan Jakarta dan Telesurvei Pedomannews, di Jalan Wolter Monginsidi, Jakarta, Kamis (5/4/2012).

Fadjrowl mengatakan, dulu yang golput sekitar 25-30 persen. Dia berharap pilkada saat ini berkurang. Berdasarkan survei tersebut, sebanyak 69 persen bersedia ikut menggunakan hak pilih dalam Pilkada DKI. Sementara 11 persen menolak untuk menggunakan hak pilihnya dan sisanya 20 persen mengaku tidak tahu akan menggunakan hak pilihnya atau tidak.

Survei yang dilakukan sejak tanggal 5-17 Maret ini menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara via telepon. Nomor telepon yang dipilih pun acak dari yang terdaftar di dalam buku telepon Telkom.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.