Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dana Kampanye Hidayat-Didik Rp 53 Miliar

Kompas.com - 07/04/2012, 18:51 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Hidayat Nur Wahid dan Didik J Rachbini menyiapkan dana kampanye sebesar Rp 53 miliar dalam Pilkada DKI tahun ini. Sejumlah pengusaha juga sudah menawarkan diri akan membantu pendanaan pasangan ini.

Hal itu diakui Hidayat Nur Wahid usai menghadiri peluncuran buku biografi "Sepanjang Jalan Dakwah Tifatul Sembiring" di gedung Indosat, Jakarta, Sabtu (7/4/2012). "Anggaran untuk kampanye kami sekitar Rp 53 miliar," ucap Hidayat.

Ia mengatakan sumber dana tersebut berasal dari dua kandidat, rekan partai di DPR, pengusaha, dan dari beberapa individu. Namun Hidayat belum bisa mengungkapkan jumlah pasti dana yang telah terkumpul, karena saat ini dana itu tengah dihimpun.

"Yang pasti sejumlah pengusaha memang sempat tertarik akan memberikan bantuannya. Semuanya akan terbuka saat sudah resmi jadi calon kalau sekarang ini kan masih bakal calon," tutur Hidayat.

Ia memastikan, sumber pendanaan kampanyenya dengan Didik sudah sesuai prosedur yang diamanatkan undang-undang.

"Aturannya jelas sumbangan individu ada batasannya. Harus diperhatikan itu bahwa sumber dana berasal dari sumber yang dibenarkan hukum dan tidak bisa dari money laundering atau dari yang melanggar hukum," papar mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com