Dana Kampanye Hidayat-Didik Rp 53 Miliar

Kompas.com - 07/04/2012, 18:51 WIB
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Hidayat Nur Wahid dan Didik J Rachbini menyiapkan dana kampanye sebesar Rp 53 miliar dalam Pilkada DKI tahun ini. Sejumlah pengusaha juga sudah menawarkan diri akan membantu pendanaan pasangan ini.

Hal itu diakui Hidayat Nur Wahid usai menghadiri peluncuran buku biografi "Sepanjang Jalan Dakwah Tifatul Sembiring" di gedung Indosat, Jakarta, Sabtu (7/4/2012). "Anggaran untuk kampanye kami sekitar Rp 53 miliar," ucap Hidayat.

Ia mengatakan sumber dana tersebut berasal dari dua kandidat, rekan partai di DPR, pengusaha, dan dari beberapa individu. Namun Hidayat belum bisa mengungkapkan jumlah pasti dana yang telah terkumpul, karena saat ini dana itu tengah dihimpun.

"Yang pasti sejumlah pengusaha memang sempat tertarik akan memberikan bantuannya. Semuanya akan terbuka saat sudah resmi jadi calon kalau sekarang ini kan masih bakal calon," tutur Hidayat.

Ia memastikan, sumber pendanaan kampanyenya dengan Didik sudah sesuai prosedur yang diamanatkan undang-undang.

"Aturannya jelas sumbangan individu ada batasannya. Harus diperhatikan itu bahwa sumber dana berasal dari sumber yang dibenarkan hukum dan tidak bisa dari money laundering atau dari yang melanggar hukum," papar mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.