LSI: Foke-Nara Berpotensi Menang Satu Putaran

Kompas.com - 08/04/2012, 13:16 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasangan Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli (Foke-Nara) masih menjadi pasangan terkuat tiga bulan menjelang Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2012.

Dari enam pasang bakal calon yang diperkirakan maju nanti, nama Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli masih unggul dengan 49,1 persen dalam survei yang dilakukan Citra Komunikasi Lingkaran Survei Indonesia (LSI).

Peneliti Senior dari Citra Komunikasi LSI, Totok Izul Fattah, mengatakan bahwa dengan hasil yang muncul saat ini pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli berpotensi memenangkan Pilkada satu putaran saja.

"Dari hasil survei ini masih ada 17,4 persen yang belum memutuskan. Jika dari angka tersebut berpindah ke pasangan Fauzi-Nara maka satu putaran sudah di tangan," kata Totok, saat jumpa pers di Kantor LSI, Jalan Pemuda, Jakarta, Minggu (8/4/2012).

Setelah pasangan Fauzi-Nara, calon terpopuler berikutnya adalah pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama dengan perolehan 14,4 persen. Disusul nama Hidayat Nur Wahid-Didik J Rachbini dengan 8,3 persen.

Kemudian, pasangan dari jalur independen yakni Faisal Basri-Biem Benyamin memperoleh 5,8 persen dan mengungguli Alex Noerdin-Nono Sampono yang hanya mendapat 3,9 persen. Sisanya sebesar 1,2 persen yang merupakan juru kunci dipegang oleh Hendardji Supandji-Ahmad Riza Patria.

"Jadi dapat disimpulkan kalau pasangan Fauzi-Nara masih merupakan cagub dan cawagub yang paling didukung," ujar Totok.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Survei ini dilakukan dari 26 Maret-1 April dengan metode Multistage Random Sampling. Hasil ini didapat dengan melakukan wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner terhadap 440 responden yang ada di Jakarta.

"Responden ini diambil secara acak dari warga Jakarta yang sudah memiliki hak pilih," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.