Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi-Ahok Sosok Tangguh Pilkada DKI 2012

Kompas.com - 08/04/2012, 17:19 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama yang merupakan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Gerindra ini dianggap sebagai pesaing kuat dari incumbent Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli.

Peneliti senior dari Citra Komunikasi Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Totok Izul Fattah, mengatakan, nama Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama menempel ketat pasangan incumbent baik dari segi popularitas maupun elektabilitas. "Warga Jakarta sudah mengenal nama Joko Widodo. Apalagi saat itu namanya sering muncul dengan mobil Esemka," kata Totok, di Kantor LSI, Jalan Pemuda, Jakarta, Minggu (8/4/2012).

Berdasarkan survei yang dilakukan sejak tanggal 26 Maret-1 April, kesukaan warga Jakarta terhadap sosok Jokowi-Ahok menyentuh angka 75 persen. Hanya berbeda tipis dengan pasangan Foke-Nara yang tingkat kesukaan warga mencapai 79,1 persen.

Bahkan jika Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2012 harus berlangsung dua putaran, pasangan Jokowi-Ahok merupakan kandidat kuat yang akan terus melaju. Ditambah lagi, langkah-langkah yang dijalankan Jokowi saat ini mampu mengambil langkah warga Jakarta. "Semua bisa saja terjadi. Apalagi jika ada terobosan dahsyat yang dilakukannya," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com