Hidayat: Survei LSI Tak Akurat

Kompas.com - 10/04/2012, 10:16 WIB
Penulis Sandro Gatra
|
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com — Bakal calon gubernur DKI Jakarta Hidayat Nur Wahid menanggapi santai hasil jajak pendapat Lingkaran Survei Indonesia yang menempatkan dirinya dan pasangannya Didik J Rachbini di urutan ke tiga dalam tingkat dukungan warga DKI. Pasalnya, beberapa kali hasil survei LSI dinilai tidak akurat.

Hidayat memberikan contoh ketidakakuratan dua survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) sebelumnya. Pertama, kata Hidayat, LSI menyebut pasangan Adang Daradjatun-Dani Anwar yang diusung Partai Keadilan Sejahtera hanya akan mendapat dukungan 27-29 persen dalam Pilgub DKI Jakarta tahun 2007.

"Nyatanya PKS dapatkan 42 persen. Menjelang Pemilu 2004 ketika saya memimpin PKS, LSI katakan (PKS) hanya dapatkan suara 2,9 persen. Nyatanya kami dapatkan 7,4 persen. Dari peristiwa itu Anda bisa bayangkan kredibilitas survei itu," kata Hidayat di Kompleks DPR, Jakarta, Selasa (10/4/2012).

Alumni Pondok Modern Gontor itu menjelaskan, kemenangan bukan tergantung pada hasil survei, tetapi bagaimana mesin partai bekerja. Mantan Presiden PKS itu memberi contoh ketika PKS mengusung Adang-Dani tahun 2007.

"Yang diajukan oleh PKS di pilgub bukannya pemimpin partai. Akan tetapi, mesin partai yang bergeliat dengan maksimal kemudian menghadirkan koreksi terhadap survei LSI yang katanya 29 persen jadi 42 persen," kata Hidayat.

Apakah Anda melihat ada pesanan dalam survei LSI terakhir? "Saya tidak perlu masuk di ruang itu. Namun, Anda bisa menilai sendiri," jawab mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.