Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nono Sampono: Percepat Pembangunan Stadion BMW!

Kompas.com - 12/04/2012, 22:24 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Bakal calon wakil gubernur DKI Jakarta, Nono Sampono, mendatangi Stadion Madya, Senayan, pada Kamis (12/4/2012) sore. Kedatangan Nono ini untuk memenuhi undangan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia dalam rangka Kejuaraan Nasional Atletik Yunior dan Remaja 2012.

Di sela-sela kedatangannya, Nono menuturkan bahwa dirinya prihatin dengan sarana olahraga yang ada di Ibu Kota. Pasalnya, ruang terbuka hijau yang dimanfaatkan untuk fasilitas umum dan fasilitas sosial sangat minim. Jakarta bahkan hanya memiliki satu buah stadion, yakni Stadion Lebak Bulus, yang akan segera digusur untuk dijadikan tempat pembangunan mass rapid transit. Sementara kompleks olahraga Gelora Bung Karno (GBK) bukanlah milik pemda, melainkan milik Sekretariat Negara RI.

Dengan kondisi seperti itu, Nono mengatakan perlu adanya penambahan stadion dengan fasilitas lengkap di Jakarta. "Di daerah lain semua punya stadion. Cuma Jakarta saja yang tidak punya. Jelas stadion-stadion di Jakarta perlu diperbanyak," ungkap Nono.

Ia mengatakan, keberadaan stadion ini penting karena selain bermanfaat sebagai ruang terbuka hijau (RTH), stadion juga bisa dijadikan tempat rekreasi alternatif dan penyaluran potensi di bidang olahraga para muda-mudi. Stadion itu juga perlu dilengkapi dengan jogging track yang bisa dimanfaatkan olahraga cabang lain, yakni atletik.

Nono pun merasa malu lantaran Persija Jakarta terpaksa harus menjalankan partai kandangnya di daerah lain. "Malu kita kalau Persija yang merupakan klub Ibu Kota tidak punya markas di wilayahnya sendiri," tutur Nono.

Oleh karena itu, Nono mengatakan, pembangunan Taman BMW (bersih, manusiawi, dan berwibawa) patut segera direalisasikan lantaran kebutuhan yang mendesak. Pembangunan Taman BMW ini, lanjutnya, mandek sejak tahun 2010 kendati sudah menggusur ratusan rumah warga saat tahap awal dilakukan. "Stadion BMW harus segera dibangun. Masa sejak tahun 2010 stadion ini tidak juga selesai," tuturnya.

Nono menjanjikan, jika dirinya bersama Alex Noerdin selaku bakal cagub DKI Jakarta terpilih, maka pembangunan stadion di Taman BMW akan dipercepat. Ia membandingkan proses pembangunan Jakabaring Sport City dengan Stadion BMW. "Pak Alex mampu membangun Jakabaring yang megah itu hanya 11 bulan. Dengan pengalaman ini, saya rasa stadion BMW pasti bisa segera terwujud," imbuhnya.

Taman BMW yang terletak di Jalan RE Martadinata, Jakarta Utara, ini sudah dicanangkan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo pada tahun 2010. Taman itu nantinya akan dibangun berbagai fasilitas olahraga, seperti stadion sepak bola yang dilengkapi trek atletik di bagian dalamnya. Di luar stadion akan dibangun dua lapangan sepak bola untuk latihan.

Selain itu, dua lapangan sepak bola pantai, voli, dan olahraga air juga akan dibuat di situ. Sisanya akan dibuat waduk dan situ. Target awal pembangunan ini selesai pada tahun 2012. Stadion itu juga akan menjadi markas klub Persija Jakarta. Stadion yang menghabiskan dana sekitar Rp 900 miliar itu bahkan disebut-sebut akan menjadi stadion termegah di Asia dengan kapasitas penonton 40.000 orang. Namun, hingga kini pembangunan yang sempat mendapat perlawanan dari warga tersebut ternyata masih jauh dari tahap penyelesaian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com