Pembantai Bermotor Pakai Ciri Khusus Pita Kuning

Kompas.com - 13/04/2012, 15:58 WIB
|
EditorBenny N Joewono

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaku pembantaian di delapan lokasi di Jakarta diduga merupakan kelompok yang sama dengan kelompok yang melakukan penyerangan di Sunter, Jakarta Utara dan Kemayoran, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Namun, pada aksi pembantaian yang terjadi pada Jumat (13/4/2012) dini hari tadi, pelaku memiliki ciri khusus. Mereka menggunakan pita kuning di pundaknya. Hal ini diungkapkan Kepala Subdirektorat Resmob Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Herry Heryawan, Kamis (13/4/2012), saat dihubungi wartawan.

"Ada sekitar 200 orang pelaku yang tergabung dalam kelompok itu. Mereka menggunakan pita kuning," ujarnya.

Tidak jelas apa manfaat pita kuning itu dikenakan. Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto, mengatakan bahwa pita kuning itu diduga sebagai penanda kelompoknya. "Yah itu tanda itu kelompoknya," ucap Rikwanto.

Rikwanto mengatakan bahwa hingga kini aparat kepolisian masih melakukan pengejaran terhadap pelaku penyerangan. "Polda, polres, dan juga Pom AL bersama-sama mencari, mengidentifikasi, dan mengejar pelaku," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, sekitar 200 orang pria bersepeda motor melakukan aksi pembantaian di delapan lokasi berbeda pada Jumat dini hari. Gerombolan bermotor itu datang dari arah Kemayoran ke Jalan RE Martadinata Permai dan melintas Jalan Bugis, Gorontalo, Tanjung Priok, lalu ke Jalan Warakas Raya.

Menurut Rikwanto, dugaan pelaku berasal dari kelompok yang sama karena ciri fisik pelaku yang rata-rata berambut cepak dan berbadan tegap. Dalam melakukan penyerangan, kelompok ini dinilai sangat brutal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pasalnya, kelompok ini tidak lagi melihat siapa targetnya. Rikwanto mengatakan gerombolan ini menyerang siapa saja orang yang sedang nongkrong di pinggir jalan dengan menggunakan parang dan bambu.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.