Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TMC Luruskan Berita Tawuran di Salemba dan Pramuka

Kompas.com - 16/04/2012, 10:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sehubungan dengan dimuatnya artikel di website Kompas.com, Ke Mana Polisi saat Geng Motor Menyerang?, TMC Polda Metro Jaya, Senin (16/4/2012), meluruskan bahwa pukul 03.05 kejadian tawuran yang terjadi di Jalan Salemba Raya dan Jalan Pramuka Raya sudah dalam penanganan.

Melalui akun twitternya, TMC Polda Metro Jaya sudah mengingatkan : 03:05 Tawuran antar-kelompok pemotor di depan Sevel Jalan Salemba Raya, agar hati-hati apabila sedang melintas dan masih dalam penanganan. (lihat : http://twitter.com/TMCPoldaMetro/status/190538053557821441).

Sebagaimana diberitakan Kompas.com sebelumnya, ratusan pria berbadan tegap mendatangi minimarket Seven Eleven di Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, pada Jumat (13/4/2012) dini hari dengan menggunakan sepeda motor dan berbuat onar. Mereka menyerang sekitar 100 pengunjung yang sedang berkumpul.

Menurut keterangan J, saksi mata, ketika itu karyawan dan pengunjung lari kocar-kacir. Mereka mencari perlindungan masing-masing di sekitar Seven Eleven Salemba. Tidak ada satu pun aparat kepolisian yang datang membantu.

"Kami sudah telepon pos polisi, polsek, sampai polres. Sudah dihubungi sama pihak Seven Eleven, tapi tidak ada yang datang. Alasan mereka, tidak ada orang, mobil patroli juga lagi keluar," ungkap J, Jumat sore, saat dijumpai di lokasi kejadian.

Alhasil, karyawan dan pengunjung saat itu mencari tempat berlindung masing-masing. Tidak ada satu pun yang berani melawan gerombolan pria yang memakai jaket hitam itu.

J mengaku dirinya hanya bisa memantau dari tempat berlindung. Ada beberapa pengunjung pria yang diseret kelompok itu dan langsung dianiaya memakai samurai dan balok kayu.

Sekitar setengah jam aksi brutal ini dilakukan oleh kelompok tak dikenal itu. Setelah itu, mereka pergi meninggalkan lokasi.

Seusai peristiwa itu, warga sekitar dan karyawan Seven Eleven kemudian bahu-membahu mengevakuasi para korban ke rumah sakit terdekat. Sementara petugas kepolisian baru tiba pukul 05.30.

"Sudah selesai semua pas mereka datang ke sini. Dari manajemen Seven Eleven juga sudah hadir untuk mengurus itu semua," kata J.

J mengaku kecewa dengan lambannya aparat kepolisian bergerak. Ia mengatakan, seharusnya respons polisi bisa lebih sigap.

Hal ini karena di sepanjang Jalan Salemba Raya dan Jalan Diponegoro di dekatnya berjejer pos polisi, bahkan Polres Metro Jakarta Pusat.

Sekitar 10 meter dari Seven Eleven juga terdapat pos polisi lalu lintas. Namun, tak ada petugas kepolisian di pos itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com