Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Stasiun Baru KA Dibangun, Tiga Stasiun Lama Dihidupkan

Kompas.com - 17/04/2012, 14:54 WIB
R. Adhi Kusumaputra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — PT KAI Commuter Jabodetabek berencana membangun lima stasiun baru dan menghidupkan tiga stasiun lama yang berhenti beroperasi.

General Manager Corporate Secretary PT KAI Commuter Jabodetabek Makmur Syaheran dalam diskusi Harian Kompas tentang Transportasi di Palmerah, Jakarta, Selasa (17/4/2012), mengungkapkan, lima stasiun baru yang akan dibangun adalah Roxy, Matraman, Tomang, Kebonpedes, dan Bandengan.

Selain itu, kata Makmur, pihaknya juga akan mengaktifkan stasiun lama yang selama ini tidak beroperasi, yaitu Mampangbaru, Grogol, dan Tanahtinggi.

"Ini merupakan rencana pengembangan KRL di Jabodetabek, selain mengembangkan dan merevitalisasi 17 stasiun di Jabodetabek dengan populasi penumpang terbanyak," ungkapnya. Tiga stasiun yang akan direvitalisasi itu berada di wilayah Tangerang Selatan, yaitu Stasiun Rawabuntu (wilayah BSD City), Sudimara, dan Jurangmangu (wilayah Bintaro).

"Kami juga akan memperpanjang peron yang kurang dari 220 meter untuk meningkatkan kapasitas angkut penumpang," kata Makmur.

PT KAI Commuter Jabodetabek juga akan membangun jalur ganda dari Stasiun Jatinegara hingga Rajawali dengan desain jalan layang. Tujuannya untuk memisahkan lintasan KA antara kereta jarak jauh (KA barang) dan KRL yang beroperasi pada lintas Jatinegara-Tanjungpriok sehingga diharapkan dapat menekan kelambatan pergerakan kereta pada lintas tersebut.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com