Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awali Pemilihan Puteri Indonesia dari Kampus di 6 Kota

Kompas.com - 19/04/2012, 16:07 WIB

KOMPAS.com - Yayasan Puteri Indonesia (YPI) kembali membuka kesempatan untuk perempuan muda mengikuti kontes kecantikan. Pemilihan Puteri Indonesia (PPI) dimulai dengan merekrut talenta muda melalui sejumlah universitas ternama di enam kota, dan mal di 10 kota besar. 

Rekrutmen dan sosialisasi awal dimulai di Jakarta, melalui rangkaian kegiatan seminar motivasi karier dan pendaftaran calon peserta PPI untuk kalangan mahasiswa. YPI memilih Universitas Paramadina sebagai tempat rekrutmen tahap awal, berlangsung pada 19 April 2012. 

Mengangkat tema "Membangun Karakter Bangsa Melalui Integritas dan Karya", PPI 2012 mendorong perempuan untuk berani unjuk diri dan talenta. PPI ke-17 ini membuka kesempatan untuk perempuan usia 18-25, belum menikah, dengan tinggi minimum 168 cm. 

Sejumlah persyaratan lain juga harus dipenuhi seperti berasal dari daerah yang diwakilinya, memiliki pengetahuan umum dan wawasan luas tentang pariwisata dan kebudayaan Indonesia, berpenampilan menarik, cerdas, berkepribadian, mampu berkomunikasi dalam bahasa asing sebagai nilai tambah, dan memiliki keahlian atau prestasi pada suatu bidang. 

Selain Jakarta, roadshow to campus rekrutmen PPI 2012 juga berlangsung di FIKOM Universitas Padjajaran, Bandung (26 April 2012), Univeristas Diponegoro, Semarang (3 Mei 2012), Universitas Gajah Mada, Yogyakarta (10 Mei 2012), Universitas Brawijaya, Malang (16 Mei 2012), dan Universitas Sriwijaya Palembang (24 Mei 2012). 

Mega Angkasa, Head of Corporate Public Relations YPI mengatakan, mulai 2012 proses rekrutmen Puteri Indonesia berganti pola dengan mendekatkan diri secara langsung ke universitas di kota-kota besar. Tujuannya, untuk kembali menegaskan peran PPI sebagai pioner dalam ajang kontes kecantikan yang berkualitas. 

"Untuk meningkatkan kualitas, untuk pertama kalinya YPI terjun langsung bekerjasama dengan sejumlah universitas di enam kota besar, selain juga membuka pendaftaran melalui mal di kota besar untuk memperluas jangkauan. Kota-kota besar lebih menjadi sasaran karena dari sana lah potensi Puteri Indonesia yang cerdas, cantik, dan tinggi lebih mudah ditemui. Cara ini akan memudahkan proses rekrutmen, karena para mahasiswa ini bisa berasal dari daerah mana saja, dan mereka bisa mewakili daerah asalnya," jelas Mega kepada Kompas Female di sela rekrutmen tahap awal PPI 2012 di Universitas Paramadina, Jakarta, Kamis (19/4/2012). 

Mengenai pemilihan kampus, termasuk Paramadina untuk wilayah Jakarta, Mega menjelaskan YPI melihat adanya potensi di sejumlah universitas terpilih. "Di Paramadina misalnya, YPI melihat ada mutiara terpendam yang bisa digali melalui ajang ini," jelasnya. 

Pemenang PPI 2012 nantinya mewakili Indonesia dalam berbagai ajang internasional. Seperti Miss Universe, Miss International, Miss Asia Pasific. Selain itu, para perempuan muda terpilih ini juga berkesempatan berkontribusi dengan melakukan berbagai aksi dengan peran sebagai Duta Anti Narkoba, Duta Komnas Pengendalian Tembakau, Duta Komnas Perlindungan Anak, Duta Komite Penanggulangan AIDS, Duta Yayasan Jantung Indonesia, Duta Lingkungan Hidup, Duta Pariwisata, Duta Perdamaian Dunia. Dan baru-baru ini, Puteri Indonesia 2011 Maria Selena menerima Duta Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com