Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Saidi: LKB Tak Perlu Nyuruh Jokowi Minta Maaf

Kompas.com - 20/04/2012, 16:20 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Terkait keinginan Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) agar Joko Widodo meminta maaf atas ungkapannya tentang penggunaan baju koko dengan kopiah oleh calon lain hanya untuk mencari simpati publik dan terkesan religius, Budayawan Betawi Ridwan Saidi menyatakan hal itu bukan hak dari LKB.

"Nggak perlu LKB nyuruh minta maaf. Masalah baju koko ini tidak ada kaitan dengan Betawi dan agama," kata Ridwan, ketika dihubungi Kompas.com, Jumat (20/4/2012).

Ia menuturkan bahwa dalam istilah fashion baju koko ini dikenal dengan sebutan gunting cina. Bahkan keberadaan model baju ini sudah ada sebelum Islam mulai menyebar.

"Kalau kita lihat potret orang Cina jaman dulu sudah ada baju model seperti itu. Orang melayu juga pakai model baju seperti ini," ujar Ridwan.

"Mau orang Islam atau bukan. Betawi atau bukan juga pakai baju model ini. Di Minahasa juga ada pakaian khas dengan baju model ini dengan ragam yang lain," imbuhnya.

Kendati demikian, ia mengatakan bahwa yang terlontar dari Joko Widodo tersebut memang terlampau berani dan tanpa melihat dari sisi sejarah dan budaya. Namun ia mengakui apa yang terucap dari Jokowi tersebut tidak lepas dari sifat kesederhanaannya.

"Terlalu berani memang. Harusnya berbicara seperti ini dengan melihat konteks sejarah dan budaya. Bisa nanya dulu ke orang yang ahli seperti budayawan," tuturnya.

"LKB tadi juga harus belajar sejarah. Jangan asal nyuruh orang minta maaf saja," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com