Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hendardji Mengaku Sudah Naik Transjakarta Sejak Dulu

Kompas.com - 21/04/2012, 15:26 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Demi meraup suara dalam Pilkada Jakarta 2012 ini, beberapa nama bakal calon gubernur DKI Jakarta pun berlomba-lomba meraih simpati warga, salah satunya dengan berkeliling kota dengan menggunakan moda transportasi Transjakarta. Namun, bagi Hendardji Soepandji, bakal calon gubernur dari jalur independen, aktivitas tersebut bukan lah sesuatu yang luar biasa. Ia pun mengatakan sudah biasa menggunakan jenis transportasi tersebut dengan keluarganya.

"Loh, saya itu sudah berkali-kali naik Transjakarta, mangkanya saya tahu persis rutenya, harganya, dari dulu sudah keliling-keliling, tak perlu digembar-gemborkan lah," ujarnya kepada Kompas.com usai mentas Ludruk di gedung Sasana Langen Budaya, kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jumat (20/4/2012) malam.

Ia menegaskan dukungannya bagi pembangunan transportasi masal bagi warga Jakarta. Ia yakin, jika dalam lima tahun mendatang warga Jakarta mempercayakan dirinya untuk memimpin, ia akan membangun sebuah sistem transportasi yang mampu mengangkut jutaan orang dalam satu harinya.

"Intinya bagaimana tidak menambah kendaraan tapi membangun transportasi masal. Sekali angkut itu ribuan, satu hari jutaan orang. Bagaimana mengalihkan orang dari transportasi pribadi ke transportasi masal," lanjutnya.

Ia memaparkan, jika transportasi masal, misalnya Transjakarta memiliki tarif Rp. 3500, dalam satu bulan warga hanya mengeluarkan kocek sebesar Rp. 105.00. Sementara, jika menggunakan kendaraan pribadi, ia yakin pengeluarannya jauh lebih besar dari itu. "Ini kan sudah kehidupan modern, orang harus efisien, siapa yang tidak mau jika demikian," lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com