Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Didik: Pendidikan Gratis Bukan Cuma Hak Sekolah Negeri

Kompas.com - 22/04/2012, 21:05 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Didik J Rachbini mengatakan, pendidikan gratis seharusnya tidak hanya diterapkan di sekolah negeri. Anggaran pendidikan yang memadai seharusnya bisa juga diterapkan di sekolah-sekolah swasta.

"Yang bersekolah di sekolah negeri maupun swasta semuanya anak-anak negeri ini. Mereka punya hak yang sama untuk dapat pendidikan gratis," kata Didik Rachbini dalam paparan tentang program pendidikan di Media Center Hidayat-Didik, Jalan Warung Jati Barat No.30 Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (22/4/2012).

Sejauh ini pendidikan gratis atau program wajib belajar 9 tahun di Jakarta baru diterapkan di sekolah negeri. Sedangkan, di sekolah-sekolah swasta mulai dari tingkat dasar hingga menengah masih diberlakukan pungutan biaya pendidikan.

Bakal calon wakil gubernur yang berpasangan dengan Hidayat Nur Wahid ini menyatakan bila memenangkan Pilkada DKI Jakarta 2012, keduanya akan berupaya menerapkan juga pendidikan gratis di sekolah swasta. Program tersebut akan diterapkan secara bertahap dan dengan memperhatikan kategori sekolah.

"Anggaran harus dibicarakan dulu dengan DPRD, tidak bisa kami putuskan sendiri. Karena itu kami akan melaksanakan rencana ini secara bertahap," kata Didik realistis.

Dalam rancangan Hidayat-Didik, untuk tahap awal program pendidikan gratis masih akan mencakup pendidikan dasar. Pada tahun kedua dan seterusnya barulah dikembangkan ke pendidikan menengah.

"Sekolah swasta maksudnya, sekolah yang memang layak disubsidi pemerintah. Sekolah-sekolah kaya tidak perlu disubsidi pembebasan biaya sekolah," jelas Didik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com