Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Jawaban Jokowi Tentang Masalah Baju Koko

Kompas.com - 22/04/2012, 22:33 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Terkait kontroversi terhadap ucapannya tentang baju koko beberapa waktu lalu, bakal calon Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menanggapinya dengan bijak dengan tidak banyak berkomentar.

"Dalam masa-masa seperti ini, ada yang namanya negative campaign. Ya sudah biasa saja," kata Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo, ketika dijumpai seusai menghadiri acara diskusi Jakarta Baru : Kenapa Harus Jokowi-Ahok? di Waroeng Solo, Jakarta, Minggu (22/4/2012).

Bahkan ia mengungkapkan bahwa tiap hari Jumat, dia biasa mengenakan baju koko untuk sholat Jumat. "Biasanya kalau sholat Jumat saya juga pakai baju koko. Tidak ada masalah kok," tutur Jokowi.

Ia juga mengungkapkan bahwa dirinya tidak pernah bermaksud untuk menghina atau apapun pada budaya tertentu. "Waktu itu diplintir saja pernyataan saya," ungkap Jokowi.

Sebelumnya diberitakan, Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) mendesak Jokowi untuk minta maaf terkait ungkapannya bahwa penggunaan baju koko hanya untuk mencari simpati publik dan terkesan religius. Namun hal tersebut dimentahkan oleh budayawan Betawi, Ridwan Saidi.

"Nggak perlu LKB nyuruh minta maaf. Masalah baju koko ini tidak ada kaitan dengan Betawi dan agama," ujar Ridwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com