RI Hentikan Impor Daging Sapi dari AS

Kompas.com - 26/04/2012, 11:52 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Indonesia mulai Kamis (26/4/2012) menghentikan sementara impor daging sapi dari Amerika Serikat.

Penghentian tersebut, menurut Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan, seperti dikutip Reuters, terkait adanya kasus penyakit sapi gila di negara Paman Sam itu.

Namun, Rusman tidak menyebutkan sampai kapan penghentian impor tersebut. Pemerintah, sebutnya, masih akan menunggu perkembangan lebih lanjut.

Menurut Rusman, di Indonesia, daging sapi asal AS sebagian besar digunakan oleh hotel-hotel dan restoran kelas atas.

Untuk diketahui saja, Indonesia hanya menyumbang 0,6 persen dari nilai ekspor daging sapi AS tahun 2011 yang mencapai 17 juta dollar AS. Selain Indonesia, dua suplier Korea Selatan juga menghentikan impor mereka. Sementara negara-negara pasar utama ekspor daging sapi AS, seperti Kanada dan Jepang, masih melanjutkan impor setelah Pemerintah AS menjamin daging sapi yang diekspor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.