Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditjen Pajak Targetkan 2 Juta Wajib Pajak

Kompas.com - 01/05/2012, 10:07 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ditjen Pajak Kementerian Keuangan menargetkan untuk menjaring 2 juta wajib pajak (WP) badan dan orang pribadi selama pelaksanaan Sensus Pajak Nasional tahun 2012. Rencananya SPN akan bergulir mulai 1 Mei hingga 31 Oktober 2012.

"Jadi memang sensus pajak ini merupakan program ekstensifikasi pro aktif kita mendatangi mereka. Kita himbau, kita berikan penyuluhan, pemahaman. Ini suatu keharusan. Tidak ada jalan lain untuk mengingatkan masyarakat kita bahwa pajak itu memang harus bayar untuk menyelamatkan negara," sebut Dirjen Pajak Kementerian Keuangan Fuad Rahmany, dalam acara peluncuran kembali Sensus Pajak Nasional, di Kantor Ditjen Pajak, Jakarta, Selasa (1/5/2012).

Menurut dia, pelaksanaan SPN pada tahun lalu terbilang sukses meski masih ada sejumlah kendala. Kendala itu akan diperbaiki sekarang ini. Kepada petugas pajak, Fuad pun berharap mereka bisa sabar menghadapi masyarakat.

Pada tahun lalu, SPN telah dilaksanakan selama 30 September-30 November 2011. Selama dua bulan, Ditjen Pajak berhasil mendata 646.655 objek sensus atau mencapai 71,8 persen dari jumlah yang ditargetkan yakni 900.000 formulir.

Dengan kesuksesan tahun lalu, Ditjen Pajak pun menargetkan tahun ini bisa mendapatkan 2 juta WP badan dan orang pribadi. Ini dilakukan seiring dengan target penerimaan pajak yang bertambah menjadi Rp 885 triliun tahun 2012. "Kita tahun ini, harapan kita mudah-mudahan kalau lancar di lapangan kita bisa dapat 2 juta WP semua. Tapi kita nggak tahu juga bisa berhasil atau nggak. Tapi kita selalu target dan cukup ambisius. Kan lumayan cukup banyak tuh 2 juta," pungkas Fuad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com