Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PMI Jakarta Targetkan 400.000 Kantong Darah

Kompas.com - 02/05/2012, 20:11 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta menargetkan 400.000 kantong darah untuk dapat dikumpulkan pada tahun ini. Saat ini, sudah tercatat 326.000 kantong darah yang telah dikumpulkan.

Ketua Umum PMI DKI Jakarta, Rini Sutiyoso, mengatakan bahwa masih tersisa beberapa persen lagi untuk mencapai target kantong darah khusus wilayah Jakarta ini. "Harapan saya kekurangan tersebut dapat segera terpenuhi. Karena warga Jakarta ini kan banyak," kata Rini, ketika dijumpai di acara Give Blood Save Lives di Senayan City, Jakarta, Rabu (2/5/2012).

Ia pun berharap bahwa para pendonor ini dapat rutin mendonorkan darahnya. Selain baik bagi kesehatan, donor darah rutin ini juga dapat membantu pasokan darah di PMI mengingat kebutuhan darah yang selalu meningkat.

Rini juga menambahkan jika nantinya target sebanyak 400.000 tersebut dapat terpenuhi, maka PMI DKI Jakarta tetap terus berupaya untuk menambah jumlah kantong darah. "Harus terus ditambah. Contohnya seperti saat tsunami di Aceh, PMI DKI Jakarta menyumbang. Juga saat terjadi gempa di Yogyakarta dan Padang," ungkapnya.

Selain membantu orang yang membutuhkan darah, lanjut Rini, kegiatan donor darah dapat membuat seseorang menjadi lebih sehat karena terbentuknya sel darah baru. Dan mampu menghindarkan seseorang dari penyakit jantung. "Bagi penerima bisa selamat dan bagi pendonor bisa sehat," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com