Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Didik Rachbini: Sekarang Tertinggi tapi Kami Tidak Lengah

Kompas.com - 03/05/2012, 21:36 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bakal calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Didik J. Rachbini tidak ingin jumawa menanggapi hasil survei terakhir yang menempatkan Hidayat-Didik di posisi teratas. Menurutnya, waktu persiapan menjelang pilkada masih cukup panjang dan bisa saja terjadi perubahan posisi para pasangan kandidat.

"Walau sekarang jadi yang tertinggi, kami tidak boleh lengah. Pasti akan ada perubahan-perubahan dari pekan ke pekan," kata Didik kepada wartawan di Kampus Pascasarjana Universitas Mercu Buana, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (2/5/2012).

Menurutnya, semua pasangan calon tidak berdiam diri dan pasti akan bekerja keras untuk memenangkan Pilkada DKI Jakarta 2012. Karena itu, ia bersama Hidayat Nurwahid dan tim sukses akan terus memperkuat posisi mereka. Ia mencontohkan pasangan PKS - PAN yang berhasil memenangkan pilkada Jawa Barat pada 2008 lalu.

"Pasangan Ahmad Heryawan-Dede (Yusuf) selalu di posisi ketiga dalam hasil survei. Baru pada pekan-pekan terakhir mereka bisa unggul dan malah menang di Pilkada," contoh Didik.

Direktur Program Pascasarjana Universitas Mercu Buana ini juga menyampaikan kritik terhadap beberapa hasil survei yang terkesan sesuai pesanan. Ia berharap metode ilmiah tidak dimanipulasi untuk kepentingan politik.

"Poling semestinya harus dilaksanakan secara independen. Tapi ada beberapa poling yang dilakukan melanggar kaidah-kaidah ilmiah demi kepentingan politik. Ini yang menyesatkan masyarakat," tegas Didik.

Dalam hasil survei terakhir yang dilansir Laboratorium Fisip Universitas Nasional bersama Madani Institute, kemarin (2/5/2012), Pasangan Hidayat-Didik ditempatkan di posisi teratas calon pemenang Pilkada DKI Jakarta. Hidayat-Didik meraih 35,9 persen suara responden, mengungguli pasangan Jokowi-Ahok yang meraih 26,3 persen dan Foke-Nara dengan 26 persen suara responden. Tiga tempat berikutnya berturut-turut ditempati pasangan Faisal-Biem, Alex-Nono, dan Hendardji-Riza.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com