Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Hidayat: Tak Ada Waktu untuk Cara-cara Kotor

Kompas.com - 06/05/2012, 17:09 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA , KOMPAS.com — Tim sukses pasangan Hidayat Nur Wahid-Didik J Rachbini menegaskan, pihaknya tidak pernah berpikir untuk menggunakan cara-cara tak sehat dalam berdemokrasi. Dedi Supriyadi, anggota tim sukses Hidayat-Didik, mengatakan, masih banyak hal yang perlu dikerjakan dibandingkan dengan menyebarkan fitnah terhadap pesaing mereka.

"Kami tak punya niat untuk menggunakan cara-cara itu, kepikiran pun enggak. Kami enggak punya waktu untuk itu," kata Dedi saat ditemui di Media Center Hidayat-Didik, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (6/5/2012).

Hal itu disampaikan Dedi terkait dengan selebaran gelap tentang bakal calon gubernur Jokowi yang ditempelkan di antara poster-poster Hidayat-Didik. Ia menjamin, tidak mungkin penyebaran selebaran itu dilakukan oleh kader Partai Keadilan Sejahtera ataupun pendukung Hidayat-Didik. Ia menduga ada pihak-pihak yang dengan sengaja berupaya menjatuhkan nama Hidayat-Didik dengan cara penempelan sebagaimana terjadi di Pejaten Barat, Pasar Minggu.

"Untuk menggambarkan seolah-olah hal itu dilakukan pihak kami. Tujuannya mungkin untuk mengadu domba," kata Dedi.

Sebagai tim sukses, pihaknya menyayangkan perkembangan terakhir situasi prakampanye. Menurut dia, sebelum merebaknya kasus selebaran gelap, situasi persaingan Pemilu Kepala Daerah DKI Jakarta sebenarnya sangat kondusif dan minim senggolan antarpasangan calon ataupun pendukungnya.

Ia mengajak para kandidat untuk bersaing secara sehat dalam debat kandidat yang sering diadakan media massa. Dedi juga meminta pihak Panitia Pengawas Pemilu dan Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta secepatnya melakukan sosialisasi pilkada damai. Dengan demikian, masyarakat tidak mudah terpengaruh kampanye negatif yang memicu kekisruhan antarkubu.

"Pikiran kami lebih terfokus pada apa yang akan kami tawarkan dalam bentuk program-program kepada warga. Kami juga lebih banyak meluangkan waktu untuk sosialisasi langsung kepada warga, bertemu warga untuk sampaikan program." Ia juga menambahkan, selama ini Jokowi dan Hidayat berhubungan dekat. Hidayat bahkan ikut membantu sebagai anggota tim sukses Jokowi saat maju dalam Pilkada Kota Solo. Karena itu, ia memastikan tidak mungkin Hidayat berniat menjatuhkan Jokowi dengan cara-cara yang tidak jujur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com