Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nono: Perlu Ada Ekskul Wajib ke Museum

Kompas.com - 08/05/2012, 21:35 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa museum di Jakarta seakan tidak mendapatkan perhatian cukup dari pemerintah. Gedung-gedung dibiarkan suram sehingga tak mampu menarik minat para pelajar dan pemuda untuk sekadar berkunjung dan napak tilas peristiwa tempo dulu.

Nono Sampono, bakal calon Wakil Gubernur DKI Jakarta yang berpasangan dengan Alex Noerdin, menilai bahwa terlantarnya beberapa museum di Ibu Kota karena tidak adanya perhatian serius pemerintah. "Permasalahannya itu ada pada perawatannya tidak serius sehingga terkesan tidak terawat dan suram," ujar Nono, dalam wawancara khusus dengan Kompas.com beberapa waktu lalu.

Nono mencontohkan, lokasi wisata Kota Tua yang menjadi andalan kota Jakarta pun tak kalah tidak terurusnya. Beberapa pedagang kaki lima bertebaran tidak teratur, demikian pula bangunan tua yang mulai mengelupas dindingnya.

"Bagaimana pun gedung-gedung itu harus dilindungi karena ada perda untuk bangunan-bangunan tua itu untuk dirawat. Caranya di Kota Tua bisa dibuat kantor pemerintahan atau swasta di situ sehingga tidak dibiarkan kosong," papar Nono.

Selain itu, Nono juga mengusulkan agar pedagang kaki lima yang ada di kawasan itu tidak sembarangan berdagang. Menurutnya, lebih baik jika pedagang-pedagang itu berjualan aksesoris dan benda-benda terkait dengan lokasi wisata terkait.

Sementara untuk meningkatkan minat anak muda akan wisata sejarah, Nono mengaku perlu adanya perkawinan antara aspek wisata dengan aspek pendidikan. "Peminat yang bernilai sejarah ini memang rada kurang makanya, nanti kita buat ekskul wajib kepada sekolah secara bergilir datang ke musem. Kalau perpaduan pariwisata, bisnis, dan pendidikan itu dilakukan, maka tetap akan ramai," ucap Nono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com