Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buruh Tangerang Mengenang Marsinah

Kompas.com - 09/05/2012, 08:26 WIB
Suhartono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Sekitar 300 orang buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Buruh Nasional dari Konfederasi Aksi Serikat Buruh Indonesia (FSBN-KASBI), Selasa (8/5/2012) malam, berkumpul di depan Gedung Wali Kota Tangerang, Banten.

Mereka memperingati Hari Buruh 1 Mei lalu sekaligus memperingati kematian aktivis buruh di Sidoardjo, Jawa Timur, almarhum Marsinah. Buruh pabrik tersebut tewas mengenaskan 15 tahun lalu saat memperjuangkan hak-hak dan kepentingan buruh.

"Kematiannya adalah simbol perjuangan buruh yang tak akan pernah berhenti hingga hak-hak buruh dipenuhi," tandas aktivis FSBN-KASBI Sunarno saat dihubungi Kompas, semalam.

Peringatan tersebut dikemas dalam bentuk malam solidaritas mengenang Marsinah bagi buruh Indonesia dengan berbagai acara seperti di antaranya orasi, puisi, teatrikal dan musik-musik perjuangan. Acara berlangsung sejak pukul 19.00 hingga 24.00 malam.

"Sebelum memperingati kematian almarhum Marsinah, kami juga turun ke jalan memperingati hari buruh internasional, termasuk di antaranya ke sentra-sentra industri di Tangerang serta ke Istana," tambah Sunarno lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com