Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alex Noerdin: Keamanan di Jakarta Harus Diutamakan

Kompas.com - 09/05/2012, 20:28 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bakal calon Gubernur DKI Jakarta, Alex Noerdin, menilai iklim usaha di Jakarta sangat dipengaruhi oleh kondisi keamanan Ibu Kota. Perekonomian akan bergerak jika Jakarta memberikan keamanan dan kepastian kepada setiap pelaku usaha.

"Untuk iklim kewirausahaan ini, tentunya kami siapkan dulu keamanannya dan aturan yang tidak berubah. Yang paling penting rasa aman," ungkap Alex, Rabu (9/5/2012), dalam diskusi Cagub DKI Jakarta di FX Mall, Senayan, Jakarta.

Alex menuturkan, persoalan keamanan ini sudah dipercayakan kepada pasangan bakal calon Wakil Gubernurnya, Nono Sampono. Nono merupakan Letnan Jenderal Purn TNI AL yang sempat menjadi Komandan Paspampres dan Komandan Marinir. "Beliau terbukti membantu mengamankan Jakarta pada tahun 1998 dan mengamankan Ambon pada tahun 2000," imbuh Alex menceritakan jejak rekam Nono di bidang militer.

Dalam kesempatan itu, Alex juga sempat menyindir kondisi keamanan kota Solo. "Palembang sudah aman, Jakarta harus aman, kalau Solo? Oh, Solo lagi nggak aman ya," ujar Alex yang langsung mendapat teriakan dari para pengunjung yang menonton acara diskusi terbuka ini.

Menurut Alex, jaminan keamanan bagi para pelaku usaha sangatlah penting. Pasalnya, para pengusaha inilah yang juga menggerakkan perekonomian warga Ibu Kota. Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta tahun lalu, kata Alex, senilai Rp 36 triliun akan selalu tidak cukup membangun kota. Oleh karena itu, pemerintah pun memerlukan bantuan pihak ketiga seperti pengusaha untuk menanamkan investasi. "Maka dari itu, keamanan di Jakarta harus diutamakan supaya bisa menimbulkan bisnis kreatif di sini," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com