Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencarian Sukhoi Dilakukan di 30 Titik

Kompas.com - 10/05/2012, 04:01 WIB
Fikria Hidayat

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com — Sekitar 40 orang relawan dari Tagana, Polmas, dan mahasiswa, Kamis (10/5/2012) sekitar pukul 04.00 WIB, berada di posko pencarian pesawat Sukhoi Superjet 100 di Dodiklatpur Rindam Jaya di Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, tepatnya di sebelah utara kaki Gunung Salak.

Di posko inilah seluruh kekuatan personel akan berkumpul pada pukul 08.00 dan memulai pencarian pesawat yang hilang kontak pada Rabu (9/5/2012) sore. Menurut Sekretaris Tagana Kabupaten Bogor, Dede Soleh, pihaknya akan disebar bersama para relawan, polisi, dan TNI ke 30 titik pencarian di bagian utara Gunung Salak.

"Pukul 08.00 kami ada untuk mengukur kekuatan personel. Setelah itu berangkat melakukan pencarian. Sejumlah tim fokus ke jalur menuju kawasan Kawah Ratu," ujarnya, Kamis subuh.

Gunung Salak berada di dua wilayah, yaitu sebelah utara Kabupaten Bogor dan bagian selatan di Kabupaten Sukabumi. Di sebelah selatan, tim berbeda akan melakukan pencarian dari posko Cidahu, Sukabumi. "Jadi kemungkinan ada dua titik evakuasi jika pesawat ditemukan, bisa di Posko Rindam di Bogor atau di Posko Cidahu, Sukabumi," kata Dede.

Medan pencarian pesawat Sukhoi di Gunung Salak dipastikan sangat berat karena vegetasi yang sangat lebat dengan kontur yang ekstrem. Kesulitan lainnya adalah faktor cuaca yang buruk berupa kabut dan hujan yang sering terjadi di gunung tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com