Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Warga Jakarta Sumbang Faisal-Biem

Kompas.com - 11/05/2012, 18:33 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasangan Faisal Basri-Biem Benjamin berhasil menarik perhatian warga Jakarta dengan maju dalam bursa Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2012 melalui jalur independen. Terbukti dengan banyaknya warga yang meyumbang ke rekening pasangan ini.

Koordinator Hukum dan Advokasi Faisal Basri, Reindhart Parapat, mengatakan bahwa tercatat ribuan orang menyumbang di rekening pasangan independen ini. Dari segi nominal sumbangan memang tidak sampai ratusan ribu, tapi jumlah penyumbangnya cukup banyak.

"Masalah dana ini sangat luar biasa. Yang jelas ada ribuan orang yang menyumbang minimal Rp 20.000 ke rekening kami," kata Reindhart, di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta, Jumat (11/5/2012).

Ia mengungkapkan bahwa dengan besarnya dukungan semakin memacu pasangan ini untuk terus memberikan kontribusi, mengingat komitmen dari pasangan Faisal-Biem ini adalah bekerja bersama-sama warga selama lima tahun ke depan. "Kami akan bekerja sama dan bersama-sama dengan warga sampai lima tahun ke depan," ujar Reindhart.

Pihaknya juga berniat untuk menyediakan 1.000 pusat komunikasi di tingkat RW dan kelurahan. Nantinya tempat itu akan menjadi tempat berkumpul dan berdiskusi warga-warga di sekitar lokasi.

Ketika ditanya mengenai kemungkinan hasil Pilkada DKI Jakarta, ia menjawab bahwa kecil kemungkinan akan terjadi satu putaran. Kendati demikian, pihaknya tetap optimistis akan masuk pada putaran kedua dan memenangkan Pilkada.

Seperti diberitakan sebelumnya, untuk pasangan calon independen dapat lolos jika sudah memenuhi syarat dukungan sebanyak 407.340 KTP. Pada verifikasi pertama, berkas dukungan pasangan Faisal Basri-Biem Benyamin hanya lolos 206.354 dari 422.938 yang diberikan, sehingga masih butuh 216.204 dukungan lagi.

Pasangan ini kemudian mengumpulkan lagi sebanyak 381.490 dukungan dan berkurang 10.164 pada saat verifikasi administrasi beberapa waktu lalu, sehingga tersisa 371.326 dukungan yang harus diverifikasi dulu secara faktual.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com