Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Didik J Rachbini Targetkan Jakarta Bebas Pengemis

Kompas.com - 12/05/2012, 19:00 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Didik J Rachbini, menegaskan bahwa jika ia terpilih maka tidak boleh ada pengemis di jalanan. Selain itu, ia juga tidak ingin melihat ada pekerja anak yang berkeliaran di jalanan Jakarta.

"Anak-anak itu tidak boleh bekerja. Harus belajar saja. Akan ada pendekatan sosial dan kesejahteraan," kata Didik, saat jumpa pers di Rumah Pemenangan Hidayat-Didik, di Warung Buncit, Jakarta, Sabtu (12/5/2012).

Didik memaparkan bahwa dirinya dan Hidayat Nur Wahid telah membuat program untuk anak-anak jalanan ini. Adapun program yang dilakukan berupa bantuan sosial, asuransi kesejahteraan sosial, rehabilitasi sosial dan pemberdayaan sosial.

Pendekatan terhadap keluarga juga akan dilakukan pasangan ini. Mengingat keluarga merupakan komunitas terkecil yang mempengaruhi kehidupan seorang anak untuk bersikap dan bertindak.

Ia juga menuturkan bahwa dirinya akan memutus mata rantai pemanfaat gelandangan komersial yang mempekerjakan pengemis dan anak jalanan sebagai sumber penghasilan. "Mafia ini harus dihentikan. Karena berawal dari hal-hal seperti ini muncul anak-anak jalanan," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com