Inilah Nomor Urut Cagub-Cawagub DKI Jakarta

Kompas.com - 12/05/2012, 20:39 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorA. Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah dinyatakan lolos verifikasi administrasi dan faktual, enam pasang calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta baik dari jalur partai politik maupun jalur independen mengambil nomor urut.

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Pencalonan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta, Jamaluddin F. Hasyim, mengatakan bahwa nomor urut yang diambil oleh cagub-cawagub pada malam ini berfungsi sebagai nomor resmi pada saat pencoblosan tanggal 11 Juli mendatang.

"Ini nomor resmi, nama resmi dan foto resmi untuk seterusnya dipakai hingga hari pemilihan. Keputusan malam ini bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat," kata Jamaluddin, di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (12/5/2012).

Ia juga menjelaskan bahwa pengambilan nomor urut ini akan dilakukan sebanyak dua bagian. Bagian pertama adalah pengambilan nomor giliran untuk mengambil nomor urut. Sementara bagian kedua adalah pengambilan nomor urut yang akan digunakan pada saat hari pencoblosan.

"Jadi penentuan yang mengambil nomor urut pertama sampai terakhir kali juga melalui undian," jelas Jamaluddin.

Pada bagian pertama pengambilan nomor giliran, pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli mendapat nomor giliran pertama. Sementara pasangan Faisal Basri-Biem Benyamin mendapat giliran nomor dua untuk mengambil nomor urut. Disusul pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama dengan nomor giliran tiga.

Kemudian pasangan Alex Noerdin-Nono Sampono mendapat giliran keempat untuk mengambil nomor urut. Dilanjutkan dengan pasangan Hidayat Nur Wahid-Didik J Rachbini dengan nomor giliran lima dan yang terakhir adalah pasangan Hendardji Soepandji-Ahmad Riza Patria.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah proses bagian pertama selesai, KPU Provinsi DKI Jakarta langsung melanjutkan dengan proses bagian kedua yaitu pengambilan nomor urut yang akan digunakan sebagai nomor resmi pada pemilihan nanti.

Berdasarkan proses pengambilan nomor urut ini, pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli kembali mendapatkan nomor satu. Disusul pasangan Hendardji Soepandji-Ahmad Riza Patria dengan nomor urut dua.

Kemudian pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama kembali memperoleh nomor urut tiga. Nomor urut empat didapat oleh pasangan Hidayat Nur Wahid-Didik J Rachbini. Sementara pasangan Faisal Basri-Biem Benyamin memperoleh nomor urut lima. Nomor urut terakhir atau nomor urut enam didapatkan oleh pasangan Alex Noerdin-Nono Sampono.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.