Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Panjang, Argo Lawu Tambah Rute Perjalanan

Kompas.com - 15/05/2012, 03:43 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Untuk melayani banyaknya penumpang saat libur panjang akhir pekan ini, PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan menambah satu rute perjalanan kereta Argo Lawu jurusan Gambir-Solo. Hal ini mengingat saat liburan memperingati Kenaikan Isa Almasih ini penumpang diprediksi melonjak lima persen dari hari biasanya.

Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Mateta Rijalulhaq mengatakan, penambahan rute perjalanan hanya berlaku untuk kereta Argo Lawu dengan keberangkatan pukul 21.05. Jadwal tambahan ini berlaku pada tanggal 16-17 Mei 2012. "Penambahannya untuk dua hari berturut-turut karena biasanya saat libur panjang penumpang meningkat," kata Mateta ketika dihubungi, Senin (14/5/2012).

Untuk libur panjang kali ini, pihaknya memperkirakan penumpang jumlah penumpang akan meningkat dari hari biasa dan mampu menembus angka 6.000 orang. "Bisa juga bertambah sekitar 8.000 atau 9.000 penumpang," ujar Mateta.

Sementara itu, pihaknya juga sedang mempertimbangkan penambahan rute perjalanan untuk kereta Cirebon Ekspres tujuan Bandung, mengingat warga Jakarta juga banyak yang ingin berlibur atau pulang kampung ke Bandung. "Untuk Cirebon Ekspres juga kita pertimbangkan, tapi belum pasti penambahannya. Yang sudah pasti baru untuk Argo Lawu saja," jelasnya.

Untuk tarif, ia mengungkapkan bahwa ada kemungkinan akan digunakan tarif batas atas, seperti pada saat Lebaran. Kendati demikian, Mateta menjamin tetap akan memprioritaskan tingkat keamanan dan kenyamanan penumpang. "Penumpang jangan merasa khawatir tidak akan kebagian tiket karena kami sudah menyiagakan perjalanan tambahan," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com