Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basarnas Akan Kurangi Personel di Cijeruk

Kompas.com - 17/05/2012, 19:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas), Marsekal Madya Daryatmo mengatakan, akan mengurangi personel tim SAR pencari korban kecelakaan pesawat Sukhoi Superjet 100 dari posko Cijeruk dan Cidahu, Bogor.

"Dari sekitar 2.000 personel gabungan yang ada di sana, maka akan kami kurangi hingga menjadi 186 orang," katanya dalam konferensi pers di Media Centre Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (17/5/2012).

Menurut dia, dari hari pertama hingga kedelapan pascakecelakaan pesawat Sukhoi Superjet 100 pada Rabu (9/5) lalu, sekitar dua ribu personel tim SAR gabungan yang terdiri atas TNI Angkatan Udara (AU), Angkatan Darat (AD), Kepolisian Negara RI (Polri) dan potensi masyarakat telah silih berganti mengevakuasi korban dan barang-barang di sekitar lokasi kejadian.

"Hari ini sudah kami tarik tujuh ratus personel, dan kami usahakan bertahap menjadi 186 personel," katanya.

Ia mengemukakan, 186 orang tersebut dikhususkan dari personel Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD dan Komando Resor Militer (Korem).

"Tim itu akan menjalankan operasi lanjutan yang berfokus pada pencarian FDR (Flight Data Recorder) yang sampai saat ini belum ditemukan," katanya.

Namun, ia mengatakan, operasi pokok Basarnas untuk mengevakuasi korban belum dihentikan sampai waktu yang belum ditentukan.

"Masih akan kami rapatkan dan koordinasikan. Kemungkinan besok Jumat sore akan kami beritahukan," demikian Daryatmo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com