Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ke Kampung Apung, Alex Noerdin Bantah Berkampanye

Kompas.com - 19/05/2012, 13:43 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon Gubernur DKI Jakarta, Alex Noerdin, Sabtu (19/5/2012) pagi, mendatangi masyarakat miskin di Kampung Apung, Kelurahan Kapuk, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat. Alex membantah, kedatangannya ini untuk berkampanye di masa-masa tenang.

"Saya bicara sebagai Gubernur Sumatera Selatan, Ketua Dewan Gubernur Seluruh Indonesia, bukan sebagai Cagub DKI yang diminta untuk tinjau Kampung Apung," ungkap Alex ditemui di sela kedatangannya di lokasi.

Menurut dia, kedatangannya ke Kampung Apung lantaran prihatin akan kondisi perkampungan tersebut yang tak mendapat perhatian pemerintah.

"Saya sedih, dan saya marah. Ada wilayah di daerah Thamrin dan Sudirman yang gemerlap bercahaya, coba berbelok ke sini, masyarakatnya justru hidup di atas genangan air," kata Alex.

Nama Kampung Apung sendiri diambil dari citra perkampungan padat penduduk ini yang selalu digenangi banjir setiap kali hujan deras datang. Masyarakatnya pun terpaksa meninggikan rumahnya dengan membuat rumah-rumah panggung dari kayu. Bahkan, beberapa rumah hanya bisa digunakan lantai duanya karena lantai dasar sudah terendam air belasan tahun lalu.

Pada kunjungannya kali ini, Alex meninjau beberapa rumah kayu yang terpaksa ditinggali penduduk lantaran rumahnya terendam air puluhan tahun lalu. Dalam perbincangannya dengan penduduk sekitar, Alex kembali mengulang, bahwa dirinya tidak sedang berkampanye.

"Saya tidak singgung soal DKI Jakarta karena tidak boleh kampanye saat ini. Saya sedih dan prihatin, padahal kalau mau diatasi persoalan ini, bisa," pungkasnya.

Kendati demikian, visi dan misi Alex Noerdin dan pasangannya, Nono Sampono, sempat dibacakan oleh Ketua Partai Golkar Jakarta Barat, yakni Djauzah. Di dalam orasinya, Djauzah memaparkan program "Tiga Tahun Bisa" yang menjadi janji politik Alex-Nono. Di dalam program tersebut Alex dan Nono berjanji mengatasi persoalan banjir dan macet dalam waktu tiga tahun.

"Mohon maaf ya, kalau kita dengar janji, pasti ah, cuma janji saja. Tapi lihat, siapa yang berjanji? Yang berjanji Alex Noerdin, yang sudah buktikan mampu menggratiskan biaya pendidikan dan kesehatan di Sumatera Selatan dalam waktu 81 hari," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com