Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket KA H-3 Lebaran Ludes Dipesan

Kompas.com - 21/05/2012, 14:37 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiket beberapa kelas utama kereta api reguler untuk perjalanan H-3 Lebaran dari Jakarta ke berbagai jurusan di Pulau Jawa telah habis dipesan calon penumpang. Namun, penumpang yang belum melakukan pemesanan masih bisa berharap dari kereta tambahan yang akan disediakan PT KAI.

"Yang sudah ludes dipesan adalah tiket H-3 untuk kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi AC," kata Manajer Humas PT KAI Daops 1 Jabodetabek Mateta Rijalulhaq saat dihubungi Kompas.com di Jakarta, Senin (21/5/2012).

H-3 Idul Fitri yang jatuh pada hari Jumat, 17 Agustus 2012, atau liburan Hari Kemerdekaan juga bertepatan dengan liburan akhir pekan. Tak heran bila hari ini dinilai paling tepat oleh kebanyakan pemudik untuk melakukan perjalanan pulan kampung. Karena itu, tiket telah ludes dalam dua-tiga hari sejak pembukaan pemesanan tiket oleh PT KAI.

PT KAI telah menerapkan penjualan tiket 90 hari sebelum hari keberangkatan sejak 8 Maret 2012 lalu. Ini merupakan peningkatan kinerja karena pada tahun sebelumnya PT KAI masih menerapkan penjualan tiket 40 hari sebelum tanggal keberangkatan.

Cepat terjualnya tiket lebaran tahun ini, menurut Mateta, tak lepas dari kerjasama dengan sejumlah agen, terutama dengan minimarket yang beroperasi 24 jam. Alhasil, calon pembeli bisa melakukan pemesanan sepanjang hari. Sementara itu, kalau di dalam stasiun pemesanan dibuka pada pukul 07.00 - 20.00.

"Tiket kelas ekonomi masih tersedia karena penjualannya baru dibuka tujuh hari sebelum keberangkatan," lanjut Mateta.

Selain itu masih ada kesempatan bagi mereka yang ingin melakukan pemesanan tiket H-3 Lebaran. Kesempatan tersebut dapat diperoleh dari penjualan tiket kereta tambahan yang akan disediakan PT KAI nantinya. "Tapi kami masih memperhitungkan jumlah kereta. Karena itu tanggal penjualan tiketnya belum ditentukan," kata Mateta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com