Manajer: Gaga Tak Mau Penuhi Tuntutan Penentangnya

Kompas.com - 25/05/2012, 11:21 WIB
EditorAti Kamil

SINGAPURA, KOMPAS.com — Superstar pop Lady Gaga memilih untuk membatalkan konser-konser dalam tur dunianya ketimbang membuat perubahan-perubahan demi memenuhi tuntutan sensor dan pihak-pihak yang menentangnya, berkait dengan kontroversi yang ditimbulkannya di Asia. Hal itu disampaikan oleh manajer artis musik AS tersebut dalam sebuah jumpa pers pada Kamis (24/5/2012) di Singapura.

Troy Carter, sang manajer, mengatakan bahwa dalam hal apa pun, Gaga tak akan memenuhi tuntutan pihak-pihak yang menolak konser-konsernya di Korea Selatan, Indonesia, dan Filipina sejak ia memulai turnya di Asia. "Kami akan melewatkan mereka," ujar Carter, yang menekankan bahwa Gaga tidak akan mengubah satu pun konsernya yang mendatang. "Kami memainkan pertunjukan itu sebagaimana semestinya. Itu sebuah pertunjukan yang sangat spesifik, dengan penonton yang sangat spesifik," lanjutnya.     

Carter mengatakan pula, penolakan oleh pihak-pihak yang menentang konser Gaga sesungguhnya lebih merupakan penolakan saja terhadap apa yang diwakilkan oleh Gaga daripada terhadap segala yang berhubungan dengan busana dan gaya panggung Gaga.

"Saya tidak berpikir bahwa ini sebegitu berhubungannya dengan Gaga—Anda tahu, itu hanya sebuah kesenjangan besar budaya dan generasi yang terjadi di sana," sambung Carter. "Anda berurusan dengan beberapa hal berbeda, Anda berurusan dengan politik.... Anda berurusan dengan agama. Itu sedikit lebih rumit ketimbang ia mengubah busana-busananya," kata Carter lagi.

Jumat (25/5/2012) ini Gaga akan tampil di Bangkok, Thailand. Sesudahnya, 28 Mei 2012, ia akan manggung dalam tiga pertunjukan di Singapura. Sesudah itu, sedianya Gaga akan menggelar konser di Jakarta. Melalui akun Twitter beberapa waktu lalu dalam minggu ini, Gaga mengutarakan bahwa ia memilih untuk tampil solo jika perlu, daripada memenuhi tuntutan dari pihak-pihak yang menentang di Indonesia.

Gaga diharapkan akan tampil dalam 110 pertunjukan tahun ini, mengikuti keberhasilan besar album Born This Way, yang terjual hampir enam juta copy di seluruh dunia sejak dirilis pada Mei 2011.

Sambung Carter, penting bagi Gaga untuk memelihara dukungan dari jutaan penggemar setianya, untuk mempertahankan karier jangka panjangnya, daripada meladeni mereka yang mengkritiknya. "Jadi, sangat penting ia memelihara loyalitas dan integritasnya kepada penonton ini dan mudah-mudahan mereka akan mengikutinya," ucap Carter.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.