Universitas Dunia Mengkaji Jakarta - Kompas.com

Universitas Dunia Mengkaji Jakarta

Kompas.com - 25/05/2012, 19:28 WIB

DEPOK, KOMPAS.com -- Universitas Indonesia (UI) bersama Universitas Michigan Ann Arbor Amerika Serikat, dan Universitas Hong Kong menyelenggarakan workshop kerja sama penelitian desain Jakarta bertajuk Designing for Hypercomplexity. Pembukaan workshop akan berlangsung Senin (28/5/2012) di kampus Fakultas Teknik UI, Depok.

Mahasiswa pascasarjana dan profesor dari masing-masing universitas akan berkumpul selama tiga minggu di Kampus UI Depok untuk berkolaborasi membahas, mengkaji, dan mencari solusi desain dalam mengatasi Hypercomplexity Kota Jakarta. Fokus lokasi studi adalah Jakarta Utara.

Sebagai kota yang memiliki jejak urban terbesar kedua di dunia, Jakarta telah menjadi kota yang mengalami Hypercomplexity. Namun, berbagai masalah yang dihadapi Jakarta menjadikan Jakarta sebagai salah satu lokasi penting bagi para peneliti dan desainer untuk dikaji dan dicarikan solusi desainnya.

Kepala Kantor Komunikasi UI, Siane Indriani menjelaskan, desain riset ini mengkaji pertemuan antara lingkungan ekstrem dan produksi desain kreatif, kota berkepadatan tinggi yang secara regular mengalami genangan dan banjir. "Desain workshop penelitian ini akan mendokumentasikan dan menganalisis kekuatan unsur-unsur penyebab dan akibatnya dan menjadikannya sebagaitantangan solusi desain," kata Siane, Jumat (25/5/2012).


EditorNasru Alam Aziz
Close Ads X