Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilih Ganda di Lintas Kecamatan Paling Banyak

Kompas.com - 31/05/2012, 16:17 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com-  Di wilayah Jakarta Selatan, data  ganda paling banyak ditemukan di lintas kecamatan. Setelah disisir berulang kali, terdapat sekitar 13.000 nama pemilih bermasalah, hampir sebagian data itu merupakan pemilih ganda. Sementara sisanya bermasalah karena memiliki nomor induk kependudukan yang tidak lazim.

"Perbaikan data berakhir hari ini. Jumlah pemilih di Jakarta Selatan menjadi berkurang 13.000 dari semula 1.525.275 pemilih," tutur Abdul Salam, Ketua Kelompok Kerja Pemutahiran Data, Komisi Pemilihan Umum Jakarta Selatan, Kamis (31/5/2012).

Hasil penyisiran data ditemukan 3.000 nama ganda lintas kelurahan, 5.500 nama bermasalah tingkat kecamatan, dan 4.500 pemilih bermasalah tingkat kota. Dari sepuluh kecamatan, pemilih terbanyak ada di Kecamatan Pasar Minggu 215.132 orang (sebelum ditemukan pemilih bermasalah).

Adapun nama ganda antarkecamatan itu lebih banyak ditemukan dari wilayah pusat kota ke wilayah pinggir. Wilayah pusat yang dimaksud adalah Tebet, Kebayoran Baru Setia Budi, dan Pancoran. Sementara wilayah pinggir yang dimaksud Jagakarsa, Lenteng Agung, Pesanggrahan, dan Pasar Minggu. Fakta ini sekaligus menggambarkan mobilitas penduduk dari wilayah pusat ke wilayah pinggir Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com