Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alex Relakan Dukungan Sutiyoso ke Fauzi Bowo

Kompas.com - 01/06/2012, 09:41 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dukungan dari mantan Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso, kini menjadi rebutan banyak kandidat pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta. Tetapi, Bang Yos, sapaan akrabnya, beberapa waktu lalu sudah menyatakan pilihannya untuk mendukung pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli. Padahal, pada saat awal pendaftaran Bang Yos bersama dengan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) sudah menyatakan dukungannya mencalonkan kandidat lainnya, yakni Alex Noerdin-Nono Sampono.

Menanggapi pengalihan dukungan Bang Yos itu, Alex mengaku merelakannya. "Barangkali Bang Yos tidak enak hati karena didatangi Foke yang minta dukungan," ucap Alex, Kamis (31/5/2012), di Universitas Atmajaya, Jakarta.

Alex mengatakan, kendati Bang Yos sudah menyatakan dukungannya untuk Foke, dirinya tetap yakin kader dan simpatisan PKPI tetap akan mendukungnya. "Saya yakin kalau dari grass root tetap," kata kandidat calon Gubernur nomor 6 ini.

Sebelumnya, Bang Yos menyatakan dukungannya terhadap pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli pada Rabu (30/5/2012), di Jalan Diponegoro 63, Jakarta. "Kami mendukung pasangan ini karena sebenarnya kami ini memang partner strategisnya Demokrat," kata Bang Yos ketika itu.

Ia juga mengungkapkan bahwa selain merupakan salah satu partner strategis dalam dunia politik, dukungan ini juga sesuai dengan permintaan dari Ketua Dewan Pembina Partai. Sebagai pimpinan tertinggi dari PKPI, sudah seharusnya juga memberikan dukungan. Tidak hanya itu, dukungannya ini juga dikarenakan dirinya yakin bahwa Fauzi Bowo merupakan sosok yang tepat untuk kembali memimpin Jakarta. Mengingat sudah puluhan tahun sosok Fauzi Bowo berada di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Dia memang kader yang saya siapkan lama dan dia adalah calon yang paling tahu tentang Jakarta, tinggal eksekusinya," ujar Bang Yos.

Kendati demikian, ia tidak menampik bahwa dirinya kerap mengkritisi kinerja pemimpin sekarang. Menurutnya, hal itu wajar dilakukan karena posisinya sebagai warga Jakarta yang ingin Jakarta terus berbenah. "Saya sebagai warga Jakarta wajar dong mengkritik. Saya push terus dan berikan komitmen untuk itu, termasuk untuk melanjutkan program," kata Bang Yos.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com