Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT KAI: Kami Ingin Kereta Ekonomi Diganti

Kompas.com - 07/06/2012, 13:30 WIB
Robertus Bellarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Akibat rusaknya pantograf kereta rel listrik (KRL) ekonomi di Tanjung Barat, Kamis (7/6/2012) pagi, sejumlah perjalanan KRL dari arah Bogor menuju Jakarta mengalami keterlambatan.

Menanggapi hal tersebut, perwakilan Humas PT KAI DAOP I, Mateta Rizalulhaq, saat dihubungi Kompas.com via telepon, mengatakan memang sebaiknya kereta ekonomi diganti.

"Kami sebagai operator meminta harus diganti (KRL ekonomi). Itu kan sudah uzur, dari tahun 1974. Kalau mengacu pada undang-undang (perkeretaapian), itu harus diganti. Lihat saja selama ini, gangguannya kan sangat tinggi," ujar Mateta. Menurut Mateta, penggantian ini perlu karena frekuensinya sering terjadi sehingga masyarakat sering dirugikan.

Sebelumnya diberitakan, kerusakan pantograf KRL ekonomi di Tanjung Barat menyebabkan jadwal KRL dari Bogor tujuan Jakarta terlambat. KRL yang seharusnya berjalan sekitar pukul 06.00 baru berjalan sekitar pukul 08.00 akibat terjadi antrean kereta lain di belakangnya. Banyak penumpang yang telantar dan terpaksa menunggu hingga perbaikan selesai. Beberapa penumpang pun menyesalkan peristiwa ini.

Di Stasiun KRL Depok Lama, berdasakan pantauan Kompas.com, penumpang membuka paksa pintu KRL AC dan memilih berjalan kaki untuk melanjutkan perjalanan dengan angkutan lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com