Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Razia Kependudukan di Pejaten Jaring 20 Warga

Kompas.com - 07/06/2012, 13:39 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sub Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta melakukan Operasi Yustisi Kependudukan di Kelurahan Pejaten Barat, Jakarta Selatan, Kamis (7/6/2012). Hasilnya, 20 warga terjaring lantaran tidak ber-KTP.

"Dua puluh orang yang kena, akan langsung disidangkan," kata Kasi Penertiban Sudin Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Selatan, Bernard Sihombing di lokasi kegiatan. Ia menjelaskan, operasi ini dilakukan setelah sebelumnya petugas melakukan penelitian dan memonitor wilayah. Target operasi diarahkan pada wilayah yang memiliki banyak kos/kontrakan tak resmi.

"Petugas sudah teliti sebelumnya, bahwa di RW 03 (Pejaten Barat) banyak kos-kosan. Kami perkirakan di situ banyak pendatang yang belum melapor ke kelurahan," kata Bernard.

Ia menjelaskan, razia kali ini merupakan bagian dari OYK rutin yang dilakukan pihaknya. Karena itu, ia menyanggah bila OYK kali ini ada kaitan dengan pelaksanaan Pilkada DKI Jakarta 11 Juli mendatang. "Ini kegiatan rutin, yang kedua di wilayah ini. Jadi, tidak ada hubungan dengan Pilgub," kata Bernard. Dari 20 orang yang terjaring, hanya delapan warga yang datang untuk menjalani persidangan di Kantor Kelurahan Pejaten Barat.

Sementara itu, 12 orang lainnya belum berkesempatan hadir. Bernard menyebutkan, sanksi terhadap warga yang tidak memiliki identitas kependudukan setempat tergantung pada hakim. Pihaknya hanya bisa mengimbau agar pendatang baru bisa segera melapor ke kelurahan untuk didata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com