Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Barat Gelar Festival Budaya Betawi

Kompas.com - 07/06/2012, 16:14 WIB
Bima Setiyadi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka memeriahkan HUT ke-485 Kota Jakarta, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat menggelar Festival Budaya Betawi (FBB) 2012 yang akan berlangsung di Hutan Kota Srengseng, Kelurahan Srengseng, Kecamatan Kembangan pada Sabtu, 9 Juni 2012.

“Rangkaian acara Festival Budaya Betawi di Jakarta Barat tahun ini agak berbeda dengan tahun lalu. Selain lomba-lomba lainnya yang sudah ada, tahun ini juga digelar berbagai lomba olahraga tradisional Betawi dan lomba memasak,” kata Wahyu Haryadi, Asisten Perekonomian dan Admninistrasi Sekretaris
Kota Pemkot Administrasi Jakarta Barat, kamis (7/6/2012).

Wahyu mengatakan, Festival Budaya Betawi di Jakarta Barat diselenggarakan rutin setiap tahun dalam rangka memperingati HUT Kota Jakarta. Menurut rencana, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo akan membuka acara yang akan berlangsung sehari, dari pukul 07.00 hingga 17.00 WIB itu.

Menurut Wahyu, seperti tahun-tahun sebelumnya, prosesi gelar festival kali ini juga akan diawali dengan atraksi “Palang Pintu” untuk menyambut kedatangan Gubernur, pejabat teras dari Pemprov DKI Jakarta dan Pemkot Jakarta Barat serta undangan tamu lainnya. Seperti biasa, sepasang ondel-ondel dan marawis akan mengiringi prosesi menyambut kedatangan tamu tersebut.

Berbagai macam lomba yang diadakan antara lain lomba pencak silat, lomba egrang, bakiak/terompah, lomba balok estafet dan balap karung. Selain itu akan ada lomba memancing ikan di danau buatan Hutan Kota Srengseng. Di danau buatan itu akan ditebar satu ton ikan.

Atraksi budaya Betawi di panggung utama akan menampilkan gambang kromong, lenong, tarian Betawi, topeng Betawi, lawak, musik dangdut, dan dimeriahkan komedian Betawi, antara lain Opik dan Munaroh.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com