Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Cipacing Pasok Senpi Perampok Lintas Daerah

Kompas.com - 08/06/2012, 13:10 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pabrik senjata api (senpi) rakitan yang digerebek oleh Subdirektorat Reserse Mobil (Resmob) Polda Metro Jaya di kawasan Cipacing, Sumedang, Jawa Barat pada Jumat (8/6/2012) dini hari ternyata menjadi pemasok senpi rakitan untuk komplotan perampok di berbagai daerah.

Salah satu komplotan yang memesan senpi rakitan dari pabrik ini adalah komplotan yang beraksi di empat toko emas Pasar Ciputat, Tangerang Selatan. Hal ini diungkapkan Kepala Subdit Resmob Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Herry Heryawan di Mapolda Metro Jaya, Jumat (8/6/2012).

Herry mengatakan penggerebekan itu juga bermula dari informasi yang didapat dari Wongso, salah seorang tersangka kasus perampokan toko emas Pasar Ciputat. Wongso mengaku membeli senpi rakitan untuk merampok dari Doni Rahman alias Doni Buntung di Cipacing, Jawa Barat.

Polisi kemudian membekuk Doni pada Rabu (6/6/2012) di Cileunyi, Jawa Barat dengan barang bukti 3 pucuk senpi FN rakitan. "Dari hasil interogasi diperoleh keterangan dari Doni bahwa senjata api sudah dijual kepada komplotan pelaku pencurian dengan kekerasan di berbagai daerah," ungkap Herry.

Doni mengaku sudah menjual 3 pucuk senjata api rakitan kepada YD pada akhir bulan Mei 2012 dengan harga Rp 3,5 juta per pucuk. Doni juga mengaku menjual senpi rakitan  kepada MJ, pelaku pencurian kendaraan bermotor di Lampung.

Doni juga menjual 10 pucuk senpi rakitan kepada JRT untuk merampok toko emas di Jawa Tengah. "Wongso, tersangka kasus perampokan empat toko emas di Pasar Ciputat beberapa waktu lalu juga mengaku membeli 2 pucuk senpi rakitan dengan harga Rp 3,5 juta dari Doni," ucap Herry.

Terakhir, Doni mengatakan dirinya juga pernah menjual 5 pucuk senpi rakitan kepada W. Menurut Herry, polisi menduga bahwa penjualan senpi rakitan yang dilakukan Doni sudah lebih dari lima orang mengingat bisnis ini sudah dilakuni Doni sudah sejak lama. "Kebanyakan ada yang perampokan minimarket, toko emas, curanmor, dan rumah kosong," pungkas Herry.

Namun, polisi masih belum bisa mendapatkan keterangan lebih lanjut dari Doni lantaran dia sudah ditembak mati saat berusaha melarikan diri bersama dengan pembuat senpi rakitan bernama Teten.

Keduanya kabur menggunakan mobil milik Doni dan sempat meletuskan tembakan ke arah petugas. Polisi kini masih memburu empat orang lagi tersangka yakni A alias AY, B, dan KI selaku perantara dan KO yang berperan sebagai kurir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com