Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Jalanan Turun Lebih dari 50 Persen

Kompas.com - 14/06/2012, 17:27 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pada tahun 2012 ini Dinas Sosial DKI Jakarta mengklaim telah berhasil menangani 66 persen anak jalanan dari jumlah 7.315 yang ada di Ibu Kota. Penanganan anak jalanan ini merupakan salah satu program tahunan Dinas Sosial DKI Jakarta.

Sekretaris Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Susanabudi Susilowati mengatakan, ada sebanyak 4.827 anak jalanan yang berhasil ditangani oleh pihaknya. Dalam hal ini, pihaknya memberikan bantuan pemenuhan kebutuhan dasar anak jalanan senilai
Rp 1,5 juta per anak per tahun.

"Bantuan yang diberikan berupa buku tabungan untuk anak usia sekolah dasar (SD). Jumlahnya ada 927 orang," kata Susan di Balaikota, Jakarta, Kamis (14/6/2012).

Sementara itu, untuk anak SMP dan SMA akan mendapatkan bantuan dari Kementerian Sosial sebesar Rp 1,5 juta per tahun untuk masing-masing anak. Ada sebanyak 3.350 anak yang akan diberikan bantuan tersebut oleh Dinas Sosial DKI Jakarta.

Ia menjelaskan bahwa pemberian bantuan berupa tabungan ini akan bekerja sama dengan Bank DKI. Dengan demikian, pengawasannya bisa dilakukan dengan mudah.

"Bantuan akan terus diberikan dengan melihat perkembangan si anak. Jika terus berkelakuan baik, maka tahun depan tetap diberikan bantuan," ujar Susan.

Dengan bantuan yang diberikan tersebut, jumlah anak jalanan yang belum tertangani terus menurun. Pada tahun 2010, anak jalanan yang belum tertangani sebanyak 4.510 dari 5.650 orang. Kemudian pada 2011 menurun menjadi 3.051 dari 7.315 anak jalanan. Sementara itu pada 2012 ini jumlan anak jalanan yang belum tertangani hanya tinggal 2.488 dari 7.315 anak jalanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com