Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menelusuri Goa Jomblang

Kompas.com - 17/06/2012, 12:28 WIB
Latief

Penulis

WONOSARI, KOMPAS.com - Sebanyak 20 anggota Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI), Minggu (17/6/2012), bersiap melakukan penelusuran Goa Jomblang, Wonosari, Jawa Tengah. Selain pendidikan kecintaalaman dan petualangan, salah satu tujuan penelusuran goa (caving) ini untuk mengungkap potensi wisata petualangan di kawasan karst tersebut.

Tim para penelusur goa (caver) Mapala UI juga akan melakukan pemetaan goa dan pendokumentasian biota dan ornamen-ornamen goa Jomblang. Seluruh kegiatan akan digelar selama sepekan, yaitu sampai Jumat (22/6/2012).

Setyo Ramadi, Ketua Badan Khusus Pelantikan Mapala UI, mengatakan bahwa penjelajahan perut bumi Jomblang yang dirancang Mapala UI bekerjasama dengan Himpunan Spelelologi Indonesia (Hikespi)ini adalah sarana pemantapan para anggota dan calon anggota Mapala UI.

Menurut dia, gairah kegiatan mahasiswa di bidang alam bebas terus berkembang dan menuntut setiap pelakunya untuk memiliki skil yang baik. "Mereka harus tahu nikmatnya bermain di alam bebas, tahu harus bagaimana safety-nya untuk bisa menikmati perjalanannya itu, serta selalu punya progress atau kemajuan setiap kali beraktifitas. Untuk itulah mereka harus berlatih dan terus berlatih," kata Setyo.

Diipandu langsung oleh pentolan Hikespi, Cahyo Alkantana, tim penelusur goa Mapala UI akan menuruni mulut goa vertikal sedalam 40-60 meter. Selanjutnya, tim akan melakukan pemetaan dan pendokumentasian foto dan video menyusuri lorong-lorong berlumpur dan sungai bawah tanah Jomblang berjarak ratusan meter lebih itu.

Setelah kegiatan ini usai, rencananya pada 29 Juni para penelusur gua Mapala UI itu akan bergegas ke kawasan Padalarang, Bandung, untuk merayapi Tebing Citatah. Di tebing alam ini para calon anggota Mapala UI berganti kegiatan dengan teknik-teknik pemanjatan (rock climbing).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com