Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HUT Jakarta, Hendardji Gelar Lomba Foto "Berkumis"

Kompas.com - 19/06/2012, 09:49 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta jalur independen, Hendardji Soepandji-A Riza Patria, akan mengadakan kegiatan lomba foto dengan tema "Daerah Berkumis" (berantakan, kumuh, miskin). Lomba tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT ke-485 Kota Jakarta yang jatuh pada 22 Juni 2012.

Berdasarkan surat elektronik yang diterima Kompas.com, Selasa (19/6/2012), "Berkumis" memiliki pengertian berbeda. Pertama, "berantakan" karena pembangunan yang dilakukan belum ditata secara baik. Pembangunan dilakukan tidak sesuai dengan rencana tata ruang wilayah (RTRW).

Kedua, "kumuh" adalah daerah perumahan warga yang tidak layak huni karena tidak layak secara hunian, baik secara teknis maupun nonteknis. Misalnya, perumahan warga rawan penggusuran, rawan kebakaran, dan banjir di daerah bantaran sungai. Warga yang tinggal di pinggiran rel dan perumahan padat penduduk lainnya.

Ketiga, "miskin" adalah sesuai dengan Pasal 1 UU Nomor 13 Tahun 2011. Fakir Miskin adalah orang yang sama sekali tidak mempunyai sumber mata pencarian dan atau mempunyai sumber mata pencarian, tetapi tidak mempunyai kemampuan memenuhi kebutuhan dasar yang layak bagi kehidupan dirinya dan atau keluarganya.

Hendardji ingin potret "Daerah Berkumis" di Jakarta dibuka ke publik agar warga bisa secara bersama-sama melakukan perubahan di DKI Jakarta. Maka, panitia membuka pendaftaran kepada semua peserta yang berminat dimulai pada tanggal 19 Juni-1 Juli 2012.

Pada tanggal 2 Juli panitia akan menyeleksi foto. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada tanggal 5 Juli melalui laman situs Hendardji Soepandji (www.hendardjisoepandji.net).

Hadiah

Juara I : sebuah sepeda motor, diserahkan langsung oleh Hendardji Soepandji

Juara II : uang tunai Rp 6,5 juta

Juara III : uang tunai Rp 4,5 juta

Juara harapan I : uang tunai Rp 1,5 juta

Juara harapan II : uang tunai Rp 1 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com