Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Kota yang Dibenci Itu Hanya Opini, Bukan Hasil Survei

Kompas.com - 19/06/2012, 13:53 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Polemik mengenai artikel Jakarta sebagai kota yang dibenci wisatawan menuai tanggapan dari Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta.

"Coba buka saja situsnya. Saya kira apa yang terdapat di CNNGO itu bukanlah sebuah survei, melainkan merupakan opini dari sang penulis," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Arie Budhiman, di Hotel Twin Plaza, Jakarta, Selasa (19/6/2012).

Menurutnya, penulis artikel itu adalah seorang ekspatriat yang tinggal selama enam bulan di Jakarta.

"Hal ini perlu diluruskan karena pemberitaan ini seolah-olah hasil survei, padahal ya cuma opini. Bayangkan saja, masa Paris dan Sidney, yang notabene kota tujuan pariwisata dunia, masuk dalam urutan kota yang paling dibenci," ungkapnya.

Ia juga meminta koordinasi antar-media untuk lebih menyaring peristiwa sebelum diberitakan. "Kalau kami ingin memberikan kritik boleh saja, tapi media juga harus credible. Misalnya saja, artikel di CNNGO itu kan hanya opini penulis. Tapi, media memberitakan seolah-olah memang Jakarta itu kota yang paling dibenci menurut hasil survei CNN," ujarnya.

"Jakarta kemajuannya sudah banyak kok. Ada pembangunan MRT, tol dalam kota, jalan layang, busway, dan sebagainya. Wisatawan mancanegara yang datang ke Jakarta itu 61 persen sebagai business traveler. Biasanya mereka datang ke Jakarta untuk berbisnis, pertemuan konferensi, atau ekshibisi," lanjutnya.

Beberapa hari lalu, situs CNNGO memberitakan sepuluh kota yang dibenci oleh wisatawan karena berbagai alasan. Artikel yang berjudul "World's 10 Most Hated Cities" yang dilansir CNNGO menempatkan Jakarta pada posisi ke-7.

Jakarta dianggap sebagai kota yang kurang ramah bagi para pelancong. Adapun 10 kota paling dibenci di dunia versi anak perusahaan CNN itu adalah Tijuana, Meksiko, Sidney dan Melbourne, Paris, Timbuktu, Los Angeles, Lima, Jakarta, New Delhi, Kairo (Mesir), dan Belize City.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com