Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alex Noerdin Janjikan Pendidikan Gratis untuk Nelayan

Kompas.com - 20/06/2012, 05:57 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon Gubernur DKI Jakarta, Alex Noerdin, mendatangi Kampung Nelayan, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (19/6/2012). Di dalam kunjungannya itu, Alex kembali mensosialisasikan program pendidikan dan kesehatan gratis.

Di dalam percakapannya dengan sejumlah nelayan, Alex mengaku dirinya terenyuh mendengar nasib nelayan di Cilincing.

"Saya terenyuh, mereka hanya dapat uang seharinya Rp 10.000,-. Kalau sakit, yang saya dengar hanya minum Bodrex dan minyak angin," tutur Alex.

Alex menilai pemerintah seharusnya menggratiskan seluruh biaya pengobatan bagi warga tidak mampu dengan akses yang mudah.

Program kesehatan gratis, diakui Alex, sudah diterapkannya saat dirinya menjabat sebagai Bupati Musi Banyuasin pada tahun 2002. Namun, Jakarta yang merupakan Ibu Kota negara justru tidak mampu menerapkan itu.

"Ini bukan basa-basi. Sejak tahun 2002, berarti sudah 10 tahun Sumsel di Banyuasin sudah kenal program pengobatan gratis. Di seluruh sumsel sudah saya terapkan sejak tahun 2008 saat jadi Gubernur," papar Alex.

Menurut Alex, jika dirinya terpilih sebagai Gubernur DKI, maka program berobat gratis bagi seluruh warga Jakarta akan langsung diterapkan.

"Berobat gratis hanya cukup menunjukkan KTP ke Puskesmas, kalau perlu ke rumah sakit daerah, belum cukup juga ke rumah sakit Provinsi, nggak sembuh juga bawa ke RSCM," papar Alex.

Selain program biaya berobat gratis, program pendidikan gratis juga akan dilakukan. Alex melihat, kondisi perekonomian nelayan yang sangat prihatin perlu dibantu. Salah satunya dengan menggratiskan sekolah.

"Kalau sekolah gratis sampai tamat, jangan biarkan dia melaut dulu yah. Suruh sekolah. Seluruh program ini akan kami lakukan sehari setelah dilantik," pungkas Alex.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com