Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke Resmikan Buslane Poris Plawad-Kalideres

Kompas.com - 20/06/2012, 12:23 WIB
Bima Setiyadi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo telah meresmikan pengoperasionalisasian sistem transportasi operasional Angkutan Perbatasan Terintegrasi Bus TransJakarta (APTB) Buslane antara Terminal Poris Plawad (Kota Tangerang) ke Terminal Kalideres (Jakarta Barat) di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Rabu (20/6/2012).

"Hanya dengan kualitas layanan yang meningkat, APTB akan menjadi solusi. Saya berharap kepada pengelola dengan adanya APTB tidak menjadi masalah baru bagi penggunanya, sistem ini diyakini menjadi solusi yang kami kembangkan untuk menjawab tantangan masa depan," kata Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, Gubernur DKI Jakarta Kepada wartawan, Rabu (20/6/2012).

Dia mengatakan, tingkat mobilitas yang terus berkembang pesat harus direspon dengan baik. Pendekatan otonomi sampai saat ini juga sudah berjalan dengan baik. "Mari kita bersinergi lagi, jangan biarkan masyarakat kecewa akibat birokrasi. Selesaikan dengan musyawarah mufakat," ujarnya.

Selanjutnya Foke meminta Kepada Dinas Perhubungan, agar jalur yang terpisah silakan dibangun, dan kepada Polda dan Polres Jakarta Barat, harus dapat menjamin sterillisasi jalur dengan baik. "Penumpang jauh lebih meningkat karena kenyamanan, dan mari tingkatkan standar pelayanan yang maksimum," kata Foke.

Bagi Foke, Jakarta tidak akan berhenti membangun angkutan masal. Saat ini pihaknya sedang memulai kajian untuk membangun transportasi dari timur ke barat yang dimulai dari Cikarang sampai Balaraja. "Mobilitas penduduk tidak bisa dibatasi pada wilayah administrasi," ujarnya.

Trayek buslane ini bertujuan untuk mengurangi jumlah kendaraan dan menghindari kemacetan, karena target penumpang khususnya adalah pemakai kendaraan pribadi, dan pengguna roda dua oleh warga Tangerang yang bekerja di Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com