Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buslane Tampung 25.000 Orang Perhari

Kompas.com - 20/06/2012, 14:57 WIB
Bima Setiyadi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan DKI Jakarta memperkirakan sekurangnya 25.000 orang untuk kapasitas angkut dua arah dalam sehari dapat ditampung buslane yang baru saja dioperasionalkan hari ini, Rabu (20/6/2012). Buslane yang beroperasi antara Terminal Poris Plawad (Tanggerang) dan Terminal Kalideres (Jakarta) pagi tadi telah diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo.

"Menurut catatan tahun 2011, perjalanan orang Tanggerang ke Jakarta perhari mencapai 6,9 juta. Satu orang sehari bisa dua-tiga kali pulang pergi. Moda transportasi sepeda motor perhari mencapai 591.646 (51 persen), sedangkan mobil 308.754 (27 persen). Dengan adanya Ankutan Perbatasan Transportasi Bus Trans (APTB) diperkirakan dapat mengurangi kendaraan bermotor 1 persen, dan mobil 6 persen, atau sebesar 15.573 kendaraan per hari (4.918 motor + 10.655 mobil),"kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono saat peresmian buslane di Terminal Kalideres, Rabu (20/6/2012).

Udar mengatakan, pada tahun 2012 ini pihaknya sedang merencanakan untuk menerapkan sistem direct service atau pelayanan secara langsung pada pengoperasian APTB. Ada 18 rute yang akan mengelilingi wilayah DKI, karena seluruh APTB ini akan dioperasikan oleh perusahaan angkutan umum yang berbadan usaha, standar pelayanan minimal setara dengan transjakarta.

Trayek buslane Tanggerang- Jakarta yang baru saja diresmikan ini bertujuan untuk mengurangi jumlah kendaraan dan menghindari kemacetan, karena target penumpang khususnya adalah pemakai kendaraan pribadi, dan pengguna roda dua oleh warga Tangerang yang bekerja di Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com