Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Petahana Sudah Kantongi Izin Cuti

Kompas.com - 20/06/2012, 18:44 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2012 ini memiliki tiga calon petahana yaitu Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dan Walikota Surakarta Joko Widodo. Ketiganya tampak siap menjalani proses tahapan kampanye pada 24 Juni mendatang lantaran izin cuti kampanye sudah dikantongi.

Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) DKI Jakarta, Ramdansyah, mengatakan bahwa para petahana harus mengajukan cuti untuk dapat mengikuti tahapan kampanye Pilkada DKI Jakarta 2012 yang berlangsung selama 12 hari.

"Boleh saja tidak mengajukan cuti. Tapi saat kampanye calon itu tidak boleh hadir di lokasi kampanye," kata Ramdansyah, di Jakarta, Rabu (20/6/2012).

Ia mengungkapkan bahwa pihaknya sudah menerima tembusan surat pengajuan cuti Fauzi Bowo dan Alex Noerdin ke Kementerian Dalam Negeri. Sementara dari Joko Widodo, pihaknya masih belum menerima.

"Jadi kami sudah menerima surat pengajuan (cuti) Foke dan Alex ke Mendagri. Tembusan sudah masuk," ujar Ramdansyah.

Kendati demikian, diberitakan sebelumnya bahwa hari ini Joko Widodo akhirnya mendapat kabar mengenai surat permohonan cutinya yang telah ditandatangani oleh Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo. Selanjutnya, surat tersebut akan diserahkan melalui faksimili ke KPU Provinsi DKI Jakarta, Panwaslu DKI Jakarta dan juga Mendagri.

Jokowi mengajukan cuti selama 12 hari sejak tanggal 11 Juni lalu. Sementara itu, Fauzi Bowo hanya mengambil cuti selama empat hari yaitu pada tanggal 24 Juni, 30 Juni, 3 Juli dan 6 Juli. Sedangkan, Alex Noerdin akan mengambil cuti penuh selama 14 hari selama kampanye.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com