Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hobi Corat-Coret Seru Lho!

Kompas.com - 22/06/2012, 03:57 WIB

Cat dinding beraneka warna berserakan di atas rumput yang telah diberi alas. Sementara beberapa pemuda dengan serius tapi santai mengoleskan cat ke dinding tripleks yang disiapkan untuk mural di halaman Bentara Budaya Jakarta, Rabu (20/6) sore.

Pada salah satu papan, Rudi Purwanto terlihat asyik menorehkan warna merah muda ke atas papan. Warna itu berdampingan dengan warna coklat di sebuah gambar sepasang kaki.

Di sisi kiri Rudi, Chaidir Anwar tidak kalah serius. Pemuda berkacamata ini membubuhkan warna-warna cerah, seperti biru, merah, dan kuning, pada gambar robot di hadapannya.

Enam jam berlalu, figur-figur berwarna cerah tidak menyisakan ruang kosong di lima lembar dinding tripleks. Dinding yang masing-masing berukuran 122 sentimeter x 244 sentimeter tersebut dipenuhi gambar hasil kreasi Laskar Artup. Mereka merespons tema Art Creativity Technologies yang bertema ”Stop Asking, Show Your Real Action”.

Laskar Artup

MuDAers pernah mendengar Laskar Artup? Menurut juru bicara Laskar Artup, Amy Zahrawaan, komunitas ini merupakan ruang gerak seni. Anggota-anggotanya tercatat sebagai mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta.

Laskar Artup memang baru terbentuk tahun 2009, tetapi anggotanya aktif berkarya di dalam dan di luar lingkungan kampus. Mereka mulai berkarya di luar kampus kira-kira mulai tahun 2010.

Meskipun beberapa kali menerima proyek membuat mural di bawah jembatan di Jakarta, ternyata mereka bukan hanya menekuni mural. Setiap anggota mempunyai minat berbeda terhadap seni murni. ”Saya berminat ke seni grafis dan komik, teman-teman ada yang berminat ke lukisan sampai seni patung,” papar Amy.

Dari pengalamannya, pemuda yang hobi menggambar itu mendapat banyak manfaat sejak bergabung dengan Laskar Artup. Mereka tidak hanya berkumpul, tetapi juga belajar dan berkarya bersama. ”Kami sekaligus mulai merintis agar siap terjun ke dunia kerja,” ungkapnya.

Belajar dan menghasilkan

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com