Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Digelar, Penghormatan Terakhir bagi Korban Fokker 27

Kompas.com - 22/06/2012, 08:39 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — TNI Angkatan Udara menggelar upacara penghormatan terakhir bagi 11 korban tewas jatuhnya pesawat latih Fokker 27, Jumat (22/6/2012) pagi, di Skadron Udara 2, Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Empat dari 11 korban merupakan warga yang rumahnya tertimpa pesawat. Pesawat tersebut jatuh di permukiman penduduk, Kompleks Rajawali, Halim Perdanakusuma, Kamis (21/6/2012) kemarin.

Turut hadir dalam upacara itu Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Syamsudin dan seluruh pejabat TNI AU. Menurut rencana, setelah menjalani prosesi penghormatan terakhir, para korban akan dimakamkan sesuai dengan keinginan keluarga. Ada yang dimakamkan di TMP Kalibata, ada pula yang dibawa ke kampung halaman.

Mayor Penerbang Heri Setiawan akan dimakamkan di Yogyakarta, kopilot teknik Agus Supriadi di Taman Makam Pahlawan Kalibata; Letda PNS Ahmad Syahroni ke Bandung; Serka Wahyudi ke Magetan; Serma Simmulato dan Lettu Paulus ke Solo; Sertu Purwo Adianto ke Madiun; serta empat orang warga sipil, yaitu Brian, Naflin, Martina dan Onci, dibawa ke Makassar.

Peti jenazah tampak dikawal belasan prajurit TNI berseragam lengkap. Genderang tabuhan mengiringi peti jenazah hingga masuk ke dalam pesawat TNI Air Force dengan nomor ekor A-1317. Suasana duka hinggap di keluarga dan handai taulan yang berada di barisan. Beberapa di antaranya tampak tak kuat menahan kesedihan.

Pesawat latih Fokker 27 milik TNI Angkatan Udara jatuh dan menimpa delapan bangunan di RT 11 RW 10, Jalan Branjangan 2, Kompleks Rajawali, Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Kamis (21/6/2012) pukul 14.45 WIB. Pesawat berangkat dari landasan udara pukul 14.10 WIB dengan misi latihan landing dan take off. Pukul 14.45 WIB, pesawat berisi tujuh awak tersebut tampak berputar dua kali di udara dan menurunkan ketinggiannya hingga jatuh. Delapan rumah di RT 10 RW 11, Kompleks Rajawali, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, hangus terbakar akibat musibah ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com